Belum Ada Satupun Caleg yang Mendaftar Hingga Hari ke Delapan, KPU Tangerang Bilang Begini

INIKATA.co.id – Hingga hari ke delapan pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) belum ada partai politik yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang.

Ketua KPU Kabupaten Tangerang Ali Zaenal mengatakan, sejak awal pendaftaran pada 1 Mei 2023 hingga hari ke delapan belum ada parpol yang mendaftarkan Bacaleg-nya.

Baca juga:

TPD Ganjar-Mahfud Klaim Lima Daerah Jadi Basis Suara di Sulsel

“Sampai hari ke delapan belum ada parpol yang mendaftar (Bacaleg),” kata Ali kepada FIN di Tangerang, Senin 8 Mei 2023.

Dia mengaku tidak tahu persis ihwal belum adanya parpol yang daftar Bacaleg itu.Dia mengaku tidak tahu persis ihwal belum adanya parpol yang daftar Bacaleg itu.

Namun menurut infomasi saat ini parpol-parpol di Kabupaten Tangerang masih menyiapkan syarat termasuk mendata siapa saja bakal caleg yang akan didaftarkan.

Baca juga:

Fadel, Caleg Multikultural dan Multietnis

“Kemungkinan parpol masih menyiapkan syarat-syaratnya. Tapi menurut informasi dari PKB itu hari Jumat mau daftar tapi memang suratnya belum kami terima,” ujarnya.

Dia melanjutkan, adapun pendaftaran Bacaleg ke KPU dibuka dari tanggal 1 sampai 14 Mei 2023.

Adapun persyaratannya, untuk Bacaleg sendiri diantaranya minimal berusia 21 tahun, tidak pernah dihukum pidana dengan melampirkan SKCK, serta surat keterangan bebas Narkoba.

“Untuk syarat parpolnya diantaranya minimal harus 30 persen keterwakilan. Jika tidak terpenuhi Bacaleg di setiap dapil dianggap tidak memenuhi syarat,” jelasnya.

Dia menambahkan, kemungkinan parpol-parpol di Kabupaten Tangerang akan mendaftar Bacaleg di hari-hari terakhir jadwal pendaftaran.

“Kemungkinkan mendekati hari-hari terakhir karena PDIP saja informasinya di tanggal 11 baru mendaftar,” tandasnya. (Fin/Inikata)