WHO Cabut Kedaruratan Global Covid-19, ini Kata Kemenkes

INIKATA.co.id – Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Mohammad Syahril menyatakan bahwa Indonesia tengah mempersiapkan untuk transisi pandemi ke endemi Covid-19.

Hal itu menyusul keputusan Direktur Jenderal Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang telah mencabut status Darurat Kesehatan Global alias Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) untuk Covid-19 pada Jumat (5/5) lalu.

Baca juga:

Anis Matta Paparkan Konsep Indonesia Super Power Baru

“Saat ini kita bersama-sama menuju pengakhiran kondisi kedaruratan (Covid-19),” ujar Syahril kepada wartawan, Minggu (7/5).

“Kami mengucapkan terima kasih untuk seluruh tenaga medis dan tenaga kesehatan yang telah berjuang bersama sehingga penularan Covid-19 Indonesia dapat terkendali,” imbuhnya.

Terkait transisi ini, Syahril mengaku bahwa pemerintah telah berkonsultasi dengan WHO. Kemudian, WHO pun menyampaikan bahwa persiapan Indonesia dipandang baik dalam menghadapi transisi pandemi ke endemi.

“Kami telah berkonsultasi dengan Dirjen WHO dan tim WHO baik di Jenewa dan Jakarta untuk Indonesia mempersiapkan transisi pandemi beberapa waktu lalu sebelum pencabutan status PHIEC diumumkan WHO,” akunya.