Liga 1 Bakal Gunakan Sistem VAR Pada Pertengahan Musim

INIKATA.co.id – Ada yang berbeda dalam Liga 1 yang dijadwalkan kick-off pada Juli mendatang. Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan sistem Video Assistant Referee (VAR) atau Asisten Wasit Video mulai diberlakukan di Liga 1 musim 2023/2024.

“Mudah-mudahan juga sistem VAR akan diberlakukan, tapi di pertengahan musim,” ujar Erick dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu (6/5).

Baca juga:

Bantai Timor Leste 3-0, Timnas Indonesi U 22 Lolos Semifinal

Erick menyampaikan kepastian penggunaan sistem VAR untuk Liga 1 2023/2024 merupakan kesepakatan antara PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Erick menilai VAR akan menjadi solusi dalam mengatasi kontroversi yang acapkali terjadi dalam pertandingan sepak bola Indonesia.

Meski begitu, Erick menilai implementasi VAR tentu memerlukan waktu mengingat perlunya pelatihan dan adaptasi kepada seluruh perangkat pertandingan.

“Ini kesepakatan dengan PT Liga bahwa saya mau sistem VAR harus dilakukan, tetapi enggak mungkin di awal musim langsung ada VAR. Kesepakatan dengan PT Liga, VAR di pertengahan musim,” ucap Erick.

Erick menyampaikan PSSI juga sedang berdiskusi dengan PT LIB terkait stadion mana yang menjadi percontohan untuk sistem VAR.

Seperti diketahui pemerintah telah berkomitmen kepada FIFA untuk merenovasi 22 stadion melalui Kementerian PUPR.

“Paling tidak uji coba dulu, kita tidak bisa melakukan sesuatu langsung sempurna. Anggap saja tahun ini percobaan dulu, tahun depan akan lebih maksimal. Kan semua membangun itu bertahap, tidak bisa langsung jadi. Saya orang yang sangat detail, saya ingin memastikan ini berjalan baik,” kata Erick. (JawaPos/INIKATA)