Status Darurat Global Dicabut, Pandemi Covid-19 Berakhir?

INIKATA.co.id – Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa Covid-19 tidak lagi merupakan ‘darurat kesehatan global’.

Pernyataan tersebut sekaligus mengakhiri pandemi yang muncul tiga tahun silam, yang telah meningkatkan kewaspadaan terhadap virus tersebut.

Baca juga:

Covid Masih Ada dan Melonjak Naik, Warga Korea Diminta Tetap Pake Masker

Para pejabat WHO mengatakan tingkat kematian virus telah turun dari puncaknya lebih dari 100.000 orang per minggu pada Januari 2021 menjadi lebih dari 3.500 pada 24 April 2023.

Dilansir dari BBC, Jumat (5/5), Direktur Jenderal WHO, Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, setidaknya tujuh juta orang meninggal dalam pandemi tersebut.

Tetapi ia meyakini bahwa angka sebenarnya bisa jadi mencapai 20 juta kematian, hampir tiga kali lipat dari perkiraan resmi. Dan, dia memperingatkan bahwa virus tetap menjadi ancaman yang signifikan.

“Kemarin, Komite Darurat bertemu untuk ke-15 kalinya dan merekomendasikan kepada saya agar saya menyatakan berakhirnya darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional. Saya menerima saran itu. Oleh karena itu dengan harapan besar saya menyatakan Covid-19 berakhir sebagai darurat kesehatan global,” kata Dr Tedros.