Libatkan 693 Penghafal Al-Qur’an, Pemkab Bone Gelar Simaan 30 Juz

INIKATA.co.id – Sebanyak 693 penghafal Al-Quran dibawa koordinasi Jam’iyyatul Qurra Wal Huffadz (JQH NU) Kabupaten Bone menggelar simaan Al-Qur’an serentak malam kemarin.

Simaan ini dilaksanakan di 10 mesjid dalam kota dan ada 17 Pondok Tahfidz, rumah tahfidz, Eskul tahfidz dan yayasan fahfidz yang ambil bagian dalam kegiatan simaan akbar ini.

Baca juga:

Pelaku Pencurian Terancam 5 Tahun Penjara

Ketua JQH NU Kab. Bone, Al-Hafidz Abul Khair saat menyampaikan sambutan di depan Bupati di Mesjid Nurul Mujaddidin Kompleks Rujab Bupati Bone mengatakan sangat bersyukur atas terselenggaranya kegiatan ini, pasalnya, simaan akbar ini masuk dalam agenda rangkaian Hari Jadi Bone (HJB) Bone ke 693.

“”Tentu kami terharu dan mengucapkan terima kasih atas perhatian dan support Bupati Bone sehingga simaan ini bisa terselenggara dengan baik,” urai Abul Khair yang juga Dosen IAIN Bone.

Mengkoordinir 693 penghafal Al-Qur’an lanjut Abul Khair, bukan perkara gampang, apalagi simaan dalam waktu bersamaan. Namun karena antusiannya peserta dan lembaga tahfidz begitu pula dukungan Pemkab Bone sehingga kegiatan ini dapat terlaksana.

“Harapan kami kedepan kegiatan seperti ini bisa terus terlaksana demi keberkahan untuk Kab. Bone,” urainya lagi.

Sementara itu Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi dalam sambutannya mengapresiasi terlaksananya kegiatan ini. Ia menguraikan bahwa simaan akbar dengan melibatkan 693 penghafal adalah salah satu rekor yang belum pernah ada di dunia.

“Saya belum pernah mendengar ada kegiatan seperti ini, sehingga saya ingin mengatakan bahwa ini adalah yang pertama di dunia”, urainya.

Untuk itu ia berharap dengan adanya kegiatan simaan ini dalam rangka HJB Bone menjadi tolak bala dari berbagai macam musibah yang menimpa dunia hari ini.

“Di media sudah kita dengar adanya banyak musibah dan perubahan iklim. Dan tidak ada yang dapat menangkal itu kecuali mengembalikannya kepada sang khalik,” urai Bupati dua periode ini.

Simaan Al-Qur’an serentak resmi ditutup. 693 penghafal Al-Qur’an dibawa koordinasi Jam’iyyatul Qurra Wal Huffadz (JQH NU) Kabupaten Bone resmi tuntas hatamkan Al-Qur’an dalam 12 jam.

Ketua JQH NU Kabupaten Bone Al-Hafidz, Abul Khair menuturkan apa yang telah dilakukan ini merupakan hal yang sangat luar biasa. Dimana kegiatan Khatmil Quran ini selalu dicaritahu oleh sahabat Nabi.

“Banyak kelebihan yang Allah simpan di kegiatan ini. Dalam kegiatan ada bonus yang mengikuti kegiatan itu, ada doa yang di ijabah, dan kita punya modal satu tanaman di surga,” katanya pada Penutupan Kahatmil Qur’an Simaan 30 Juz, di Halaman Rumah Jabatan Bupati Bone, Kamis, 4 Mei 2023 Malam.

Lebih lanjut ia mengatakan ia merasa bangga dengan terselenggaranya kegiatan ini. Kata dia, tidak ada daerah lain yang melaksanakan kegiatan simaan Al-Qur’an. Ini sebuah langkah besar yang dilakukan pemerintah Kabupaten Bone.

“Gagasan ini sudah disampaikan Pak Bupati kepada saya sejak Agustus 2022, beliau mengatakan bahwa HJB mau diisi dengan Simaan Al-Qur’an, jumalah yang dilibatkan sesuai dengan usia Bone 693, inilah yang menjadi permintaan bapak Bupati Bone,” ungkapnya.

Semua yang terlibat di kegiatan ini ada dari yayasan, majelis taklim, sekolah umum, dan yayasan, semua berkolaborasi menyukseskan kegiatan ini. 

“Hal ini kabar baik semakin mengembangkan tahfidz quran di Bone, dimaan terlihat para penghafal Al-Qur’an tidak hanya berasal dari pesantren tetapi juga ada dari sekolah-sekolah umum,” paparnya.

Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi mengatakan apa yang dilakukan saat ini diijabah Allah karena ada kemauan yang kuat dari dari seluruh elemen. “Saya kira ini energi positif bagi daerah kita cintai di Kabupaten Bone,” tuturnya.

Kata dia, hal ini juga menjadi modal kuat dan kebiasaan-kebiasaan baik yang harus terus dikembangkan, makanya setiap bulan harus ada simaan.

“Satu impian saya juga, agar simaan ini bukan hanya di Kota, tapi juga ada di setiap kecamatan. Coba dibayangkan kalau setiap bulan kita lakukan simaan di setiap kecamatan, luar biasa faedahnya,” terang Bupati Bone.

Selama 12 jam ini sangat menggelegar suara lantunan ayat suci Al-Qur’an di kota. Dan berjalan lancar dan tidak ada terganggu, artinya ini support.

“Saya kira kita sama-sama meyakini, ayat-ayat ini menjadi tolak bala juga bagi daerah yang kita cintai ini,” ujarnya.

Bupati Dua Periode itu juga menitipkan kegiatan bagus seperti ini bisa dilakukan terus di kepemimpinan selanjutnya.

“Besar sekali berkahnya, apa yang kita lakukan pada hari ini. Insyaallah keberkahan bagi kita semua dapatkan atas apa yang kita lakukan hari ini,” paparnya. (lim)