Ini Alasan Hermanto Tanoko Bangun Sekolah Lengkap dengan Rumah Ibadah 5 Agama

INIKATA.co.id – Konglomerat yang masuk dalam deretan orang terkaya di Indonesia, Hermanto Tanoko membangun SMK gratis untuk menciptakan generasi dengan kemampuan menjadi wirausaha di masa depan.

Sekolah tersebut diberi nama SMK Tanoko yang berlokasi di Nongkojajar, Pasuruan, Jawa Timur.

Baca juga:

Waspada, BNPB Keluarkan Peringatan Bencana Hidrometeorologi Jelang Mudik Lebaran

Menariknya sekolah tersebut menyediakan tempat ibadah mulai dari masjid, gereja, vihara, klenteng dan pura.

Tak sampai disitu, sekolah ini juga menyediakan fasilitas penunjang lainnya berupa kantor dan ruang serbaguna yang bisa menampung sekitar 1.000 orang.

Siswa juga disediakan asrama baik putra maupun putri jika nantinya menempuh pendidikan di sekolah yang diperkirakan akan rampung pada Juni 2023 ini.

Beragam fasilitas disediakan di sekolah ini. Namun, tidak meninggalkan kesan hijau dengan membiarkan pohon-pohon disekitar bangunan tetap berdiri kokoh agar para siswa nantinya lebih nyaman untuk belajar.

Juga disiapkan lahan untuk berkebun, bercocok tanam dan berternak ikan.

Hal ini pun diapresiasi oleh Habib Bakar Smith saudara Habir Bahar Smith. Dia memuji perbuatan baik yang dilakukan Hermanto Tanoko dengan tujuan memajukan anak bangsa.

Sehingga, semua orang bisa berkesempatan mengenyam pendidikan secara gratis. Terlebih sekolah ini dibangun dengan menjunjung tinggi toleransi dalam beragama.

“(Pemilik Air Kemasan Merk Cleo, Restauran WOK, Bos Pabrik Cat Avian, Hotel Vasa di Surabaya) ini Mendirikan SMK Gratis untuk semua Agama, ada Penginapannya👍🏻🇮🇩],” tulis Habib Bakar dikutip dari Twitter pada Sabtu (6/5/2023).

Pada akhir tulisannya dia mendoakan agar Hermanto selalu diberkahi keberkahan. Dirinya juga tidak lupa mengucap terima kasih kepada Hermanto.

“Mabrouk, berlimpah keberkahan dan trimakasih Pak Herman🙏,” pungkasnya.

Hermanto Tanoko merupaka Bos perusahaan air mineral Cleo, perusahaan Cat Alvian, Hotel Vasa Surabaya dan Restauran WOK.

Pria yang lahir September 1962 di Malang, Jawa Timur ini memiliki total kekayaan mencapai USD3 miliar atau setara dengan Rp43,05 triliun.

Dengan jumlah kekayaannya itu, Hermanto Tanoko berhasil masuk dalam daftar 10 orang terkaya versi Forbes dan dijuluki crazy rich asal Surabaya. (Fajar/Inikata)