Dorong Pemuda Lebih Bergerak ke Hal Positif, dr Udin Malik Ajak Masyarakat Saling Edukasi Bahaya Narkotika

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Ketua Forum Kemanusiaan Kota Makassar (FKKM), dr Udin Malik memperingatkan bahaya narkotika bagi warga Makassar, khususnya bagi pemuda.

Hal itu disampaikan dihadapan tokoh masyarakat dan pemuda di Kantor Camat Ujung Pandang, Kamis (04/05). Edukasi tersebut disampaikan saat dr Udin Malik diundang menjadi pembicara dalam kegiatan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Makassar bersama Badan Narkotika Nasional Sulsel.

Baca juga:

Agar Badan Tetap Sehat dan Bugar, Jaga Porsi Makan Seimbang Saat Lebaran

Pada momen tersebut, dr Udin Malik menegaskan bahwa narkotika adalah ancaman serius.

“Kita harus menyadari bahwa penggunaan narkotika bukan hanya masalah individu, tetapi juga mempengaruhi keluarga, teman, dan masyarakat di sekitar,” jelas dr Udin Malik.

Lebih lanjut, Alumni Fakultas Kedokteran Unhas 2013 yang meraih predikat Summa Cumlaude dengan IPK 4.0 itu menjelaskan, penggunaan narkotika dapat merusak kesehatan dan memicu perilaku yang berisiko, seperti kecelakaan, kekerasan, dan perilaku seksual yang tidak aman.

Menurut dr Udin Malik penggunaan narkotika juga dapat mempengaruhi fungsi otak dan menyebabkan kecanduan. Hal ini dapat memicu masalah mental seperti gangguan kecemasan, depresi, dan psikosis.

“Pemuda Makassar harus menyadari bahaya narkotika dan menghindari penggunaannya. Ini adalah masalah serius yang mempengaruhi masa depan mereka,” kata dr Udin Malik.

Dia menyayangkan jika potensi dan energi positif pemuda Makassar jika terjerumus jurang hitam tersebut.

Selain itu, dia juga menyarankan bahwa keluarga, sekolah, dan masyarakat harus bekerja sama dalam mengatasi masalah narkotika di masyarakat.

“Keluarga dan sekolah harus memberikan pendidikan dan dukungan yang tepat bagi anak-anak mereka untuk menghindari penggunaan narkotika. Masyarakat juga harus terlibat dalam memberikan dukungan kepada mereka yang telah terpengaruh oleh narkotika dan membutuhkan pengobatan dan rehabilitasi,” terangnya.

Dalam menghadapi masalah narkotika, dr Udin Malik menegaskan bahwa seluruh masyarakat harus bersatu dan berkomitmen untuk menanggulangi dampak negatif narkotika di masyarakat. Hal ini dilakukan agar dapat menjaga masa depan Kota Makassar yang sehat dan produktif tanpa ketergantungan pada narkotika sehingga kebaikan tetap berlanjut.

Dalam kegiatan tersebut, dr Udin Malik pun memperkenalkan program FKKM yang bisa menjadi ruang untuk gerakan positif pemuda. Program tersebut diantaranya, Dokter Kita dan Pengendalian Stunting dengan 1 Anak 1 Warung Makan.

Termasuk yang erat kaitannya dengan pemuda adalah Makassar Siap Sekolah (Massikola). Program untuk anak putus dan tidak sekolah. Saat ini telah mendampingi dan mengembalikan anak ke sekolah sebanyak 200 lebih. (*)