Banyak Jalanan Rusak di Lampung, Jokowi: Akan Diambil Alih Kementrian

INIKATA.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung segera memperbaiki jalan yang rusak di wilayahnya. Menurut Jokowi, apabila pemerintah daerah tak mampu akan diambil alih Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Secepat-cepatnya dimulai (perbaikan jalan),” kata Jokowi di Pasar Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Jumat (5/5).

Baca juga:

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Hadiri Festival Karya Cipta Anak Negeri

Jokowi menegaskan, jika Pemprov Lampung tidak memiliki kemampuan untuk memperbaiki jalan rusak akan diambil alih oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Namun, itu dilakukan terhadap kondisi jalan yang mengalami kerusakan parah.

“Yang kira provinsi tidak memiliki kemampuan, kemudian kabupaten tidak memiliki kemampuan, ya akan diambil alih oleh Kementerian PUPR, utamanya yang jalannya rusak parah,” tegas Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo ini menegaskan, kondisi infrastruktur sangat berpengaruh pada prekonomian di daerah. Karena itu, Jokowi juga turut mengecek harga kebutuhan pokok di Pasar Natar Lampung Selatan.

Baca juga:

Pemprov Sulsel Janji Pembenahan Jalan Poros Pattalassang Dikerjakan Tahun Ini

“Kita melihat inflasi, melihat harga-harga, tapi juga ingin melihat infrastruktur utamanya jalan. Karena ini menjadi kunci, biaya logistik itu sangat bergantung baik tidaknya infrastruktur yang kita miliki,” ucap Jokowi.

Presiden Jokowi mengecek langsung jalan yang rusak di Lampung menggunakan mobil dinasnya dengan dikawal Paspampres. Dalam video yang beredar, mobil kepresidenan yang ditumpangi Jokowi bagaikan sedang offroad di jalan yang kondisinya rusak.

Kepala negara dalam kunjungan kerja ke Provinsi Lampung didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. (JawaPos/Inikata)