Sudah Miliki Koalisi Sendiri jadi Alasan Jokowi Tak Undang Surya Paloh ke Istana Negara

INIKATA.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara terkait tak diundangnya Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, dalam pertemuan enam ketum partai politik di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (2/5) malam. Jokowi menyebut, Partai NasDem telah membentuk koalisi sendiri dalam menghadapi Pemilu 2024.

“Ya memang nggak diundang,” kata Jokowi di Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (4/5).

Baca juga:

Rugikan Pembeli Iphone Hingga Rp 35 Miliar, Si Kembar Rihana-Rihani Resmi Ditahan Polisi

Kepala negara memberikan alasan tak mengundang Surya Paloh dalam pertemuan itu. Ia menyebut, NasDem sudah memiliki koalisi sendiri dalam menghadapi Pemilu 2024.

“NasDem itu kita harus bicara apa adanya ya kan, sudah memiliki koalisi sendiri dan ini gabungan partai yang kemarin kumpul itu kan juga ingin membangun kerja sama politik yang lain,” ucap Jokowi.

“Mestinya ini memiliki strategi besarnya apa. Ya masa yang di sini harus tahu strateginya kan, mestinya nggak seperti itu,” sambungnya.

Baca juga:

Ogah Beri Pesan untuk Kaesang yang jadi Ketua PSI, Jokowi: Udah Gede

Jokowi menegaskan, langkahnya mengumpulkan enam ketua umum parpol pendukung pemerintah merupakan hal yang wajar. Namun, ia tak menjelaskan secara rinci terkait isi pembicaraan pertemuan dengan enam ketum parpol di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa (2/5) malam.

“Yang dibicarakan banyak sekali, tiga jam itu,” tegasnya.

Adapun pertemuan itu dihadiri oleh Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, dan Plt Ketum PPP Muhamad Mardiono. Pertemuan itu berlangsung sejak pukul 19.00 WIB hingga 21.35 WIB.

Sebelumnya, politikus Partai NasDem Charles Meikansyah mengakui Surya Paloh tak diundang dalam pertemuan enam ketum parpol pendukung pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin yang digelar di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (2/5) malam.

“Ketum Partai Nasdem Pak Surya Paloh sampai siang ini tidak mendapatkan undangan untuk acara nanti malam, yang kedua yang jelas kalau kami diundang, biasanya kami dengan baik akan hadir. tapi kalau kami juga tidak diundang, kami menghormati atas ketidakdiundangan tersebut,” ungkap Charles, Selasa (2/5).

Namun, Charles menghormati keputusan tersebut. Terpenting, momentum Idul Fitri 1444 Hijriah ini dijadikan ajang saling memaafkan.

“Tidak masalah. Yang jelas NasDem diundang tidak diundang sangat menghormati arti undangan, artinya kalau diundang kita sangat menghormati, tidak diundang pun kita memahami itu semua,” pungkas Charles. (JawaPos/Inikata)