Hati-hati, Jangan Sembarangan Berikan Susu, Madu, Daging, dan Telur pada Balita

INIKATA.co.id – Orang tua sebaiknya berhati-hati memilih dan memilah makanan yang akan diberikan pada anak-anak usia 5 dan di bawah 5 tahun (balita). Sebab, beberapa tipe makanan terbukti bisa membawa risiko berbahaya bagi kesehatan bila tidak diproduksi atau disimpan dengan baik.

”Untuk produk susu kalau tidak melewati proses pasteurisasi, hati-hati bisa terkena infeksi yang ditularkan lewat makanan. Sedangkan madu, rekomendasi memperbolehkan untuk menunggu setelah anak usia satu tahun karena sering kali ada kontaminan kuman di dalam madu,” papar Ketua Satuan Tugas Bencana Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Kurniawan Taufiq Kadafi seperti dilansir dari Antara, Selasa (2/5).

Baca juga:

Tekan DBD, Kemenkes Lepas Nyamuk Wolbachia ke Lima Kota di Indonesia

Kontaminan di dalam madu bisa menyebabkan infeksi sistem saluran pencernaan anak-anak. Taufiq mengingatkan, potensi bahaya dari sajian telur setengah matang untuk anak-anak.

”Rekomendasi sebaiknya telur dipanaskan hingga 74 derajat Celsius. Kalau tidak, di situ banyak kontaminan kuman. Jadi hati-hati konsumsi telur setengah matang,” jelas Kurniawan Taufiq Kadafi.

Dia menjelaskan, untuk jenis makanan laut seperti kerang atau tiram sebaiknya dimasak hingga cangkang terbuka. Sedangkan, untuk jenis sushi baik dimasak pada temperatur internal 74 derajat Celsius.

Baca juga:

Balita Palestina Berusia 3 Tahun Ditembak, Tentara Israel Ngaku Tak Sengaja