Telusuri Penembak Kantor MUI, Polisi Kirim Tim ke Domisili Terduga Pelaku

INIKATA.co.id – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto menyatakan bahwa pihaknya akan mengirimkan anggotanya ke Lampung untuk berkoordinasi mengenai terduga pelaku penembakan di Kantor MUI berinisial M, 60. Diketahui bahwa KTP M menunjukkan domisi di Lampung.

“Anggota kami akan segera ke Lampung berkoordinasi bagaimana latar belakang tersangka ini,” ujarnya kepada wartawan di lokasi, Selasa (2/5).

Baca juga:

Korban Helikopter Milik Polri, 1 Korban Masih Dalam Pencarian

Terkait dengan dugaan adanya pelaku terafiliasi dengan jaringan teroris tertentu, ia juga mengatakan akan berkoordinasi dengan Densus. “Sementara ya kita dalami lah terkait dengan itu. Kami juga akan koordinasi dengan Densus apakah orang ini ada dalam jaringan atau tidak,” tegasnya.

“Kami tidak berani menyimpulkan sekarang, tapi yang jelas yang bersangkutan tadu menembakkan senjata,” pungkas Karyoto.

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Jendral Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat bidang Pusat Dakwah dan Perbaikan Akhlak Bangsa, Arif Fahrudin menceritakan kronologis awal penembakan terjadi di Kantor MUI Pusat, Jakarta Pusat pagi tadi. Mulanya, ia mengatakan bahwa terduga pelaku datang ke kantor menggunakan travel.

Baca juga:

Penembakan Kantor MUI, Polisi Pelaku Gunakan Senjata Airsoft Gun

“Mungkin ditanya staf kita dan security, mau bertemu siapa? ‘Mau ketemu pimpinan’. Atau mungkin salah satunya ketemu staf kita yang selama ini sering dia temui,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (2/5).

Setelah itu, Arif mengatakan bahwa terduga pelaku kembali ditanya hendak bertemu siapa. Lantas dijawab mau bertemu Ketua MUI. Ia pun kemudian menunggu untuk bertemu.

“Terus gak tau, dia gak sabar atau gimana terus tiba-tiba mengeluarkan senjatanya itu,” katanya.

Setelah melakukan penembakan yang membuat beberapa orang luka, ia mengatakan bahwa terduga pelaku sempat mencoba kabur.

“Iya kabur, terus langsung dibekuk sama security kita. Dia melakukan perlawanan tapi langsung dibekuk,” ucapnya. (Jawapos/INIKATA)