May Day, Ratusan Buruh Sambangi Kantor DPRD Sulsel

INIKATA.co.id — Ratusan buruh memperingati May Day atau Hari Buruh Internasional pada 1 Mei 2023.

Dengan estimasi sekitar ratusan buruh, mereka  aksi demo di depan Gedung DPRD Kota Makassar.

Baca juga:

Dewan Mengaku Temukan Pelanggaran dalam Pelaksanaan Mutasi dan Nonjob Ratusan Pejabat Pemprov Sulsel

Berdasarkan pantauan IniKata.com massa aksi berasal dari beberapa organisasi.

Di antaranya, konfederasi Serikat pekerja Seluruh Indonesia, Konfederasi serikat Pekerja transportasi Indonesia, Konfederasi Serikat Nusantara,Federasi serikat pekerja maritim Indonesia, dan Serikat Pekerja D’Liver Maxim Nusantara.

Dalam orasinya, Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia provinsi Sulsel, Basri Abbas mengatakan pihaknya  menurut UU RI No 6 Tahun 2023 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU No 2 Tahun 2022 tentang Ciptaker.

Baca juga:

Polrestabes Makassar Himbau Masyarakat Lebih Memonitor Perkembangan Lalu-Lintas Selama May Day Berlangsung

“Kita menurut UU ini karena tidak berpihak pada buruh dan rakyat. Jadi kalau pemerintah masih tuli. Kita akan membuat gerakan yang melawan. Karena masih banyaknya kebijakan buruh yang masih kapitalis,” katanya.

Di kesempatan yang sama,  Ketua DPC FSPTI, Ahmad Zulfikar memberi peringatan keras kepada DPRD perihal UU Ciptaker yang dianggap diskriminatif.

” Memberikan peringatan keras kepada pemerintah serta kepada dewan perwakilan. Berdasarkan berbagai kebijakan dan perundang-undangan lainnya. Kami anggap sangat diskriminatif,” ucapnya.

Hingga pukul 12.00 Wita, massa aksi masih berkumpul di depan Gedung DPRD.(Afni)