Tawaran Pembelian Club Manchester United Mentok di Angka Rp 92,1 Triliun

INIKATA.co.id – Keluarga Glazer telah mematok angka GBP 6 miliar (Rp 110,5 triliun) untuk siapa pun yang berminat membeli Manchester United.

Akan tetapi, sampai batas waktu penawaran terakhir pada Jumat pukul 22.00 waktu Manchester atau kemarin (29/4) WIB, belum satu pun dari kedua investor, Sheikh Jassim dan Sir Jim Ratcliffe, bersepakat dengan Keluarga Glazer.

Baca juga:

Piala Asia U-23 2024, Berikut Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia

“Tawaran buat United mentok di angka GBP 5 miliar (Rp 92,1 triliun) oleh Sheikh Jassim. Semua ada di tangan Glazer sekarang. Tetap menolaknya atau mengambil tawaran itu,” sebut kepala jurnalis Sky Sports Kaveh Solhekol.

Dengan nilai penawaran sebesar itu, investor asal Qatar tersebut sudah menjadikan The Red Devils —julukan United— sebagai klub sepak bola termahal yang pernah diakuisisi di era modern sepak bola saat ini.

Berbeda dari proposal Sheikh Jassim, tawaran yang telah dilayangkan Ratcliffe hanya bersedia membeli 50 persen dari saham United dan meninggalkan Keluarga Glazers dengan hanya mempunyai 20 persen kepemilikan saham.

Dengan harga GBP 5 miliar tersebut, United sudah mengungguli harga dari klub NFL Washington Commanders. Klub tersebut bernilai GBP 4,8 miliar (Rp 88,4 triliun). Angka itu sudah cukup menjadi garansi investasi terpisah United.

Tak hanya untuk memperkuat skuad asuhan Erik ten Hag tersebut musim depan, klub juga sedang berupaya mengembangkan infrastruktur yang ada. Baik itu sarana pertandingan di Old Trafford Stadium maupun tempat latihan dan lokasi di sekitarnya.

United sudah membuka penawaran mulai November lalu. Solhekol mengklaim, yang dilakukan United mengulur-ulur waktu penjualan saham mayoritasnya tersebut sudah bisa jadi indikasi sikap Keluarga Glazer tidak serius melego klubnya..

Padahal, sudah banyak suara sumbang dari kalangan pendukung ataupun dari legenda klub supaya Keluarga Glazer melepas saham mayoritasnya. Mereka hanya ingin di musim ini Keluarga Glazer angkat kaki dari Manchester, sambungnya. (Jawapos/Inikata)