dr. Udin Malik Tertangkap Kamera Amatir Tangani Korban Kebakaran Trans Mall

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Trans Mall Makassar yang berlokasi di Jalan Metro Tanjung Bunga terbakar, Senin malam (24/4). Tanpa pikir panjang dr. Udin Malik segera melaju ke lokasi menggunakan sepeda motor usai menerima informasi tersebut.

Bersama Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto, dr. Udin Malik terekam kamera warga membantu proses evakuasi pengunjung Trans Mall sekaligus melakukan tindakan pertolongan pertama.

Baca juga:

Gubernur Sulsel – Wamen Hubungan Masyarakat Adat Australia Perkuat Hubungan Bilateral

Dengan cekatan dokter yang berpengalaman di berbagai lokasi bencana sejak 2009 ini memeriksa pernafasan korban. Pasalnya kebakaran yang terjadi menimbulkan kepulan asap hitam yang tebal di dalam gedung mall.

“Tadi kita lakukan pemeriksaan cepat, karena sifatnya darurat dan lumayan banyak yang butuh penanganan lanjutan,” ungkap dr. Udin Malik saat ditemui di RS Siloam Makassar, Senjn (24/4).

Ketua Forum Kemanusiaan Kota Makassar ini ada 36 orang yang dilarikan ke fasilitas kesehatan terdekat. Sebanyak 35 orang dievakuasi ke RS Siloam Makassar dan seorang lagi di RS Stella Maris.

Baca juga:

dr. Udin Malik Ajak Relawan Diskusi Ilmiah dan Kawal Kebijakan Mitigasi Bencana

“Sebagian besar mengalami trauma pernafasan ringan akibat asap. Ada juga serangan kepanikan, dan sisanya luka akibat pecahan kaca,” jelas dr. Udin Malik.

Dia mengapresiasi kesiapsiagaan petugas medis, pemadam kebakaran serta tim penyelamat dalam mengevakuasi korban. Sehingga tidak ada korban jiwa.

“Jadi mereka mengerahkan personel dan ambulans lengkap dengan tabung oksigen dan alat bantu pernafasan jadi segera ditangani. Keren kesigapannya dan kompak,” tutup dr. Udin Malik.