Joko Widodo Imbau Masyarakat Hati-hati Saat Arus Balik Mudik Lebaran

INIKATA.co.id – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat tetap berhati-hati dalam merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah/Lebaran 2023 terutama pada saat melakukan perjalanan mudik dan balik.

Jokowi mengatakan ini menjadi kali pertama dalam tiga tahun terakhir, suasana Lebaran Idul Fitri dilakukan tanpa dibatasi kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Baca juga:

Kepala Sekolah SMAN 1 Tulungagung Dicopot Lantaran Jual Seragam Sekolah

“Tentunya pergerakan masyarakat akan jauh lebih meningkat, lebih padat, dan lebih ramai. Untuk itu saya mengimbau bapak, ibu, dan saudara-saudara sekalian, untuk tetap berhati-hati saat mudik dan juga saat arus balik nantinya,” kata Presiden Jokowi dalam video yang diunggah kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden, Jumat (21/4).

Presiden Jokowi juga menyampaikan ucapan Selamat Idul Fitri 1444 Hijriah, yang berdasarkan hasil sidang isbat Kementerian Agama (Kemenag) RI ditetapkan jatuh pada Sabtu, 22 April 2023.

“Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin, semoga amal ibadah kita selama bulan Ramadan diterima Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden akan merayakan Idul Fitri 2023 bersama keluarganya di Surakarta, Jawa Tengah, dan sejak Rabu (19/4) telah berada di kampung halamannya tersebut.

Kendati demikian, Presiden Jokowi pada Jumat (21/9) siang sempat bertolak kembali ke ibu kota sebelum menyambangi Bogor untuk menghadiri deklarasi PDI Perjuangan yang mengusung Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden dalam Pemilu 2024.

Informasi terbaru Presiden Jokowi sudah mendarat lagi di Pangkalan TNI Angkatan Udara Adi Soemarmo dan kembali ke Surakarta pada pukul 16.40 WIB selepas mengikuti agenda tersebut. (Jawapos/INIKATA)