Tim Basket Rusia dan Belarusia Dilarang Ikut Kualifikasi Olimpiade

INIKATA.co.id – Tim bola basket putra Rusia dan Belarusia dilarang tampil dalam turnamen kualifikasi Olimpiade 2024, demikian pernyataan federasi bola basket internasional (FIBA).

“Menyusul rekomendasi IOC (Komite Olimpiade Internasional) tentang partisipasi atlet-atlet dengan paspor Rusia dan Belarusia dalam kompetisi internasional yang dipublikasikan pada 28 Maret, Komite Eksekutif FIBA telah memutuskan untuk tidak mengizinkan registrasi bagi tim nasional basket Rusia dalam Turnamen Pra-Kualifikasi Olimpiade FIBA 2023,” demikian pernyataan resmi FIBA.

Baca juga:

Berlaku Mulai Tahun ini, Jepang Larang Turis Masuki Wilayah Geisha di Kyoto

Atlet-atlet Rusia dan Belarusia telah mendapatkan sanksi dari berbagai induk olahraga dunia sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari tahun lalu.

Setelah invasi tersebut memasuki tahun keduanya, IOC mengizinkan atlet-atlet dari Rusia dan Belarusia berkompetisi sebagai individu netral dalam kompetisi-kompetisi internasional yang akan datang, namun tidak demikian sebagai tim yang merepresentasikan negara.

Mengikuti rekomendasi tersebut, FIBA juga tidak mengizinkan timnas Rusia dan Belarusia mengikuti kualifikasi untuk Piala Dunia Bola Basket yang nantinya diikuti oleh 32 negara yang akan bertanding di Filipina, Jepang, dan Indonesia mulai 25 Agustus tersebut.

Piala Dunia FIBA 2023 merupakan ajang kualifikasi utama untuk Olimpiade Paris 2024.

Di nomor putri, timnas Rusia dan Belarusia juga dilarang mengikuti kualifikasi turnamen final EuroBasket yang terdiri dari 16 tim pada Juni 2023, yang berlaku sebagai ajang kualifikasi utama Olimpiade di Benua Biru.

Bagi negara-negara yang gagal lolos ke Piala Dunia FIBA 2023, sejumlah turnamen pra-kualifikasi yang akan dimulai pada 12 Agustus menawarkan kesempatan untuk merebut tiket ke bola basket Olimpiade yang diikuti 12 tim di Paris nanti.

Sebanyak 40 negara, termasuk Indonesia, masih berkesempatan mengincar tiket ke Paris lewat turnamen pra-kualifikasi yang akan mengambil lima tim terbaik dari setiap wilayah yaitu Afrika, Amerika, Asia, dan Eropa (dua pemenang) untuk selanjutnya diikutsertakan ke turnamen kualifikasi Olimpiade.

Kelima tim tersebut akan bersaing dengan 19 tim lainnya memperebutkan empat tiket ke Paris lewat jalur kualifikasi. (JawaPos/Inikata)