dr. Udin Malik Perkenalkan Program Dokter Kita di Bonto Makkio

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Ketua Forum Kemanusiaan Kota Makassar, dr. Udin Malik mengajak warga agar memperhatikan keaktifan kepesertaan jaminan sosial kesehatannya.

Hal ini disampaikan dr. Udin Malik saat memenuhi undangan warga Tidung III, Kelurahan Bonto Makkio, Kecamatan Rappocini, Selasa (18/4).

Baca juga:

Pisang Ternyata Punya Banyak Manfaat, Simak Penjelasannya

Menurut dr. Udin Malik, keaktifan kepesertaan tersebut memudahkan warga agar segera ditangani di fasilitas kesehatan jika terjadi hal yang diharapkan.

“Tidak diminta-minta sewaktu-waktu kita butuh penanganan medis, dan biasanya sifatnya segera. Namun kadang terkendala di administrasi kepesertaan. Makanya perlu kita selalu perhatikan keaktifan kepesertaan BPJS ta,” ujar dr. Udin Malik.

Dokter yang malang melintang menjadi relawan di lokasi bencana ini pun membagikan pengalamannya soal keaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan.

Baca juga:

BPJS Kesehatan Buka Lowongan Kerja 2024, Simak Persyaratannya

Di wilayah Kecamatan Manggala, tutur dr. Udin, ada seorang lansia yang telat ditangani karena terkendala soal BPJS Kesehatan. Akibatnya sang nenek mengalami kebutaan.

“Kedengarannya mungkin sepele, soal keaktifan (kepesertaan), tapi efeknya sangat merugikan,” lanjut dr. Udin.

Tidak ingin hal seperti itu berulang, dr. Udin Malik pun menginisiasi program yang dinamakan Dokter Kita.

“Melalui Dokter Kita, insyaa Allah kita sama-sama bahu membahu agar kejadian serupa tidak terjadi lagi di sekitar kita,” ungkap dr. Udin.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengajak warga agar tetap menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Sebab baginya, pencegahan lebih baik daripada mengobati.

Perjumpaan dengan warga Bonto Makkio ini juga dihadiri Anggota DPRD Makassar dari Fraksi PKS, Anwar Faruq. (**)