Rampungkan Formasi Bacaleg Akhir April, Partai Gelora Optimis Lewati Syarat Parliamentary Thershold

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Indonesia terapkan sistem parliamentary threshold atau ambang batas parlemen dalam Pemilihan Umum (Pemilu) legislatif.

Dengan sistem ini, setiap partai politik harus memenuhi syarat minimal perolehan suara untuk bisa menempatkan wakilnya di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) atau Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Baca juga:

Pernah Berjaya di Pemilu 2014, Pola Pendekatan Hanura Sulsel Harus Diubah

Untuk memenuhi ambang batas itu, Sekretaris DPW Sulsel, Mudzakkir Ali Djamil, mengatakan partainya tengah menargetkan akan merampungkan seluruh formasi Bacaleg tingkat Pusat, Provinsi, dan Kabupaten Kota pada akhir April.

“Target kami di Sulsel, akhir April ini seluruh formasi Bacaleg Pusat, Propinsi dan Kab/Kota akan segera diterbitkan SK formasinya,” katanya.

Pemenuhan ini, lanjut dirinya, akan dilakukan secara bertahap, mulai dari melengkapi syarat administrasi.

Baca juga:

Hasnan Hasbi Resmi Daftar Bacaleg Golkar di Gowa, Siap Kawal Kebijakan Pro Pada Rakyat

“Teman-teman Bacaleg sudah diminta untuk melengkapi persyaratan administrasi pencalegannya. InsyaAllah, Partai Gelora Indonesia akan mendaftarkan secara serentak formasi Bacaleg ke KPU pada tanggal 7 Mei 2023,” kata

Tak hanya itu, Mudzakkir Ali juga yakin partainya akan lewati syarat Parliament Treshold 4%>.

“Jika melihat formasi sementara Bacaleg, insyaAllah target minimal kita untuk meraih kursi di setiap dapil sangat mungkin untuk dicapai. Dan insyaAllah kami juga optimis akan dapat melewati syarat Parliament Treshold 4% secara nasional,” ucapnya (Afni)