Segini Jumlah Calon Jamaah Haji Indonesia Berusia di Atas 95 Tahun

INIKATA.co.id – Calon jemaah haji berusia di atas 95 tahun yang berangkat tahun ini mencapai 555 orang. Kemenag RI telah menyiapkan sejumlah langkah untuk memberikan layanan khusus kepada jemaah lansia.

Berdasarkan data di Kemenag RI, sebanyak 7.680 jamaah berusia 85-94 tahun. Selanjutnya, usia 75-84 sebanyak 12.812 jemaah. Terbanyak, usia 65-74 sejumlah 45.796 jemaah. Total jemaah lansia 66.943 orang.

Baca juga:

Bersama Butet dan Eros Djarot, Ribuan Mahasiswa di Surabaya Suarakan Tolak Dinasti dan Pelanggar HAM

Fasilitator Bimbingan Teknis Bidang Layanan Haji Lansia Kemenag RI Slamet mengatakan, tahun ini pemberangkatan haji mengambil tema Ramah Lansia. Sebab jumlah calon jemaah yang telah lansia cukup besar.

Kemenag RI telah menyiapkan sejumlah strategi. Antara lain penyiapan petugas haji yang khusus melayani lansia, fasilitas yang mendukung lansia, dan tahapan yang memudahkan lansia. “Kita juga membangun komunikasi sesama jemaah,” katanya.

Selain itu juga mengedukasi para lansia dengan manasik-manasik yang mengedepankan kemudahan-kemudahan, keringanan-keringanan atau ruqsoh-ruqsoh yang memudahkan jemaah lansia. Menurut Slamet, ternyata banyak alternative-alternatif ibadah haji yang penuh dengan kemudahan-kemudahan

Kemenag juga membuat simbol-simbol dan papan arahan untuk peduli lansia. Simbol itu disebar di setiap embarkasi. Yang paling membedakan, tahun ini ada struktur yang khusus menangani jemaah lansia.

Struktur ini membawahi petugas layanan khusus lansia. Di setiap sektor nantinya ditempatkan 10 petugas khusua menangani lansia. 10 orang ini bukan petugas utama tapi dia adalah konsolidator, komunikator, dan koordinator.(**/jawapos)