Hasil Seleksi Sekprov Terancam Dibatalkan, Gugatan Abdul Hayat Berpotensi Dikabulkan

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Sidang gugatan pemberhentian Abdul Hayat Gani dari jabatan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulsel tengah berproses di Pengailan Tata Usaha Negara, Jakarta. Pekan depan persidangan sudah memasuki tahap kesimpulan dan putusan.

Prof Aminuddin Ilmar selaku saksi ahli yang sempat dihadirkan dalam sidang tersebut mengungkap bahwa kemungkinan gugatan Abdul Hayat atas pencopotan dirinya dari jabatan Sekprov Sulsel dikabulkan atau dimenagkan cukup besar.

Baca juga:

Cukup Bawa Botol Minuman Plastik, Dapat Potongan Harga Masuk di Makassar F8

“Dinilai dari tiga hal, yaitu kewenangan, prosedur dan keputusan, itu (pencopotan Abdul Hayat) tidak memenuhi (persyaratan). Jadi menurut saya, kemungkinan besar gugatan Pak Abdul Hayat itu dikabulkan oleh hakim,” kata Prof Aminuddin, Rabu (5/4/2023).

Guru Besar Universitas Hasanuddin itu menbeberkan bahwa saat dirinya dihadirkan sebagai saksi ahli dalam sidang tersebut, ia memberikan penjelasan kepada hakim bahwa dari sisi kewenangan, pembentukan tim evaluasi yang dilakukan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman untuk menilai kinerja Abdul Hayat sebagai Sekprov Sulsel saja sudah keliru.

Apalagi, tim tersebut merekomendasikan untuk pemberhentian sekprov. Menurut Prof Aminuddin, itu tentunya sudah jauh dari kewenangan yang seharusnya.

Baca juga:

BKN Batalkan SK Pensiun Sekprov Sulsel Abdul Hayat