Ratusan Kader KB Beri Apresiasi Dokter Kita, dr Udin Malik Ajak Jadi Relawan

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Ratusan Kader KB dari Kecamatan Tamalate beri apresiasi dari gerakan Forum Kemanusian Kota Makassar (FKKM) karena program Dokter Kita.

Hal itu tersampaikan usai dr Udin Malik mensosialisasikan FKKM dan program-programnya di W Three Hotel, Rabu (05/03).

Baca juga:

Camat Tamalate Kunjungi Anak Asuh Stunting di Kelurahan Barombong dan Mangasa

Salah satu kader KB Kecamatan Tamalate, Kurnia menyampaikan gerakan kemanusian yang disosialisasikan dr Udin Malik jadi hal yang memang dibutuhkan masyarakat.

“Karena tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak masyarakat yang tidak paham teknologi, jadi perlu kepedulian orang sekitar dan orang yang lebih tahu untuk memberi pemahaman ke masyarakat cara mendapatkan jaminan kesehatan dan lainnya,” kata Kurnia.

Hal itu disampaikan Kurnia sesuai dengan pengalamannya. Kata dia, jika ada edukasi yang dijalankan kader KB masih ada memang masyarakat yang ditemukan belum punya KIS karena tidak tahu cara urus dan masalah administrasi kependudukannya,” kata dia.

Baca juga:

Ini Cara Atasi TBC Menurut dr Udin Malik

Dalam sambutannya, dr Udin Malik pun mengajak para kader bisa menjadi bagian dari gerakan kemanusian yang dijalankannya saat ini.

“Kita punya kader di tiap kelurahan, tetapi semakin banyak yang mau berpartisipasi semakin bagus. Jika bapak-bapak dan ibu-ibu kader mau silahkan, karena prinsipnya ini adalah gotong royong,” katanya.

Di hadapan kader, dr Udin Malik mengatakan untuk bisa mencakup menyeluruh harus melibatkan berbagai pihak.

Misalnya di program Dokter Kita. “Program ini kan dasarnya adalah Dokter Keliling Bertanya, apa yang ditanyakan? Yang ditanyakan itu apakah sudah memiliki jaminan kesehatan dan sosial, juga apa keluhan-keluhan kesehatan masyarakat, dan edukasi kesehatan,” jelasnya.

“Baik itu anak-anak maupun orang dewasa, karena kita sadar bahwa perhatian atas kesehatan sangat penting,” tambahnya.

Masukan dan laporan-laporan dari kader KB juga bisa menjadi masukan ke tim Dokter Kita. Sebab, kader KB lah yang sering bertemu masyarakat.

“Intinya program dokter kita berbasis relawan,” jelasnya.

Selain itu, hal lain yang bisa jadi perhatian adalah program FKKM yang bernama “1 Anak 1 Warung Makan”. Khusus dalam pengendalian stunting.

Berdasarkan uji studi, dr Udin Malik menjelaskan bahwa program ini sudah menunjukan hasil positif di Kelurahan Ballaparang.

Melibatkan 11 anak, 9 pendamping, dan didampingi 7 warung. Konsepnya 1 porsi ke 1 anak per hari, apa yang diberikan ke anak tersebut adalah CSR dari warung makan tersebut.

“Dalam waktu dua pekan ada anak yang berat badannya naik 1kg, paling rendah itu 0,5-07kg,” bebernya.

Selain itu FKKM juga memiliki program Makassar Siap Sekolah atau “Massikola”. Dimana mendampingi anak-anak yang putus sekolah dan tidak sekolah.

Program tersebut telah mengembalikan sekitar 200 anak sekolah lagi. Hingga di pulau-pulau juga diwadahi. (*)