Buruan Cek Saldomu, THR PNS Cair Hari ini

INIKATA.co.id – Pencairan Tunjangan Hari Raya atau THR untuk ASN, TNI-Polri dan pensiunan dilakukan mulai hari ini, Selasa (04/04/2023)

Kabar gembira itu disampaikan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pres Rabu 29 Maret 2023 lalu.

Baca juga:

Keputusan MK yang Baru, Pemerintah Boleh Mengajukan Pembubaran Partai Politik

“Pencairan dimulai H-10 dari hari raya idul fitri. Ini kira-kira 4 April sudah mulai dicairkan” Kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani meminta Kementerian dan Lembaga agar segera mengajukan surat perintah membayar ke kantor pelayanan perbendaharaan negara (KPPN) mulai H-10 serta menyesuaikan dari penetapan cuti yang sudah diumumkan pemerintah.

Sri Mulyani Indrawati mengungkap besaran THR untuk ASN, TNI-Polri dan pensiunan tahun ini dengan besaran yang masih sama dengan tahun sebelumnya.

Besaran THR tersebut yakni adanya tambahan tunjangan kinerja sebesar 50 persen.

Dia menjelaskan THR tahun 2023 ini akan terdiri dari pembayaran sebesar gaji pokok atau pensiunan pokok, ditambah tunjangan melekat pada gaji atau pensiunan pokok.

“Yaitu tunjangan keluarga, tunjangan pangan, serta tunjangan kinerja, tunjangan struktural fungsional atau tunjangan umum lainnya. Dan seperti tahun 2022 maka THR tahun ini ditambahkan komponen 50 persen tunjangan kinerja perbulan bagi yang memang dapat tunjangan kinerja,” bebernya.

THR dari gaji pensiunan pokok tunjangan melekat dan 50 persen tukin, juga diberikan bagi ASN daerah.

Bagi instansi pemda paling banyak 50 persen tambahan penghasilan dengan memperhatikan kemampuan fiskal dan daerah dan sesuai peraturan perundang-undangan.

Sri Mulyani berharap THR kali ini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Salah satunya dengan meningkatnya daya beli masyarakat.

“Dengan ini diharapkan dapat menjaga pertumbuhan ekonomi melalui penambahan daya beli masyarakat,” Tutup Sri Mulyani. (**)