Pemilihan Wabup Lutim, Akbar Andi Leluasa Raih Suara Terbanyak

INIKATA.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Luwu Timur (Lutim) melakukan rapat paripurna terkait pemilihan wakil bupati (wabup) atau pendamping Budiman Hakim Andi Baso, Senin (6/3/2023) kemarin.

Sidang paripurna pemilihan wabup tersebut diikuti oleh 30 anggota dewan. Proses pemilihan wabup lutim berlangsung dua putaran, dan Pemilihan berlangsung di ruang paripurna.

Baca juga:

Dua Srikandi DPRD Sulsel Optimis Terpilih Kembali

Pada putaran pertama, Akbar Andi Leluasa dan Muhammad Taqwa Muller memperoleh suara yang sama, yaitu 15 suara. Hal tersebut dikatakan oleh Ketua DPRD Kabupaten Lutim, Aripin. “Jadi Skorsing sidang selama 2 jam, lalu dilanjutkan dengan pemilihan ulang,” ujarnya.

Sedangkan pada putaran kedua, pemilihan dimenangkan oleh Akbar Andi Leluasa dengan 23 suara, sedangkan Muhammad Taqwa Muller meraih 7 suara.

Wakil Ketua Pemilihan wabup Lutim, Muhammad Sidiq membenarkan hal tersebut. “Benar, Nomor urut 1 Akbar Andi Leluasa 23 suara dan Muhammad Taqwa Muller 7 suara,” bebernya.

Baca juga:

Akbar Andi Leluasa Resmi Menjabat sebagai Wabup Lutim

Dengan itu, Akbar Andi Leluasa berhasil memenangkan pemilihan Wabup Lutim. Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Luwu Timur ini mengucapkan selamat kepada Akbar yang terpilih sebagai pendamping Bupati Luwu Timur Budiman.

“Selamat kepada saudara Muhammad Akbar Andi Leluasa sebagai wakil bupati Luwu Timur terpilih,” ucap politisi Golkar itu.

Atas hasil tersebut, Taqwa Muller legowo usai dikalahkan Akbar Andi Leluasa. Ditemui pewarta usai penghitungan suara, Taqwa mengungkapkan sudah menerima dengan lapang dada.

“Kan sudah jelas, dan saya terima dengan lapang dada. Dan untuk langkah kedepanya Inn Shaa Allah masih ada rezeki kedepanya, seperti itu. Saya juga meminta maaf kepada masyarakat, karena saya sudah mengecewakan,” jelas Taqwa.(ril/mg1)

Berikut 30 anggota Dewan Luwu Timur yang memberikan hak piliihnya:

– Usman Sadik (PAN)
– Ramna Minggus (Golkar)
– Mahading (Golkar)
– Masrul Suara (PAN)
– Sarkawi (Gerindra)
– Badawi Alwi (Golkar)
– Andi Surono (PAN)
– Heryanti Harun (Golkar)
– Wahidin Wahid (Golkar)
– Sunawar Arisal (PKB)
– Ober Datte (PDIP)
– Samuel Kandatti (Nasdem)
– I Made Sariana (Demokrat)
– Tugiat (Nasdem)
– Suprianto (Demokrat)
– Irmanto Hafid (Nasdem)
– Najamuddin (Golkar)
– Efraim (PDIP)
– Andi Baharuddin (Gerindra)
– I Wayan Suparta (Gerindra)
– Abduh (PBB)
– Rully Heriawan (Hanura)
– Alpian Alwi (Hanura)
– Aris Situmorang (Gerindra)
– Aripin (Golkar) ketua Panlih
– Muhammad Siddiq BM (Nasdem) wakil ketua Panlih
– Leonard Bongga (PDIP)
– Abdul Munir Razak (Hanura)
– Suardi Ismail (PKS)
– Harisah Suharjo (PAN)