Reses di Tonasa, Rangga: Masyarakat Begitu Lepas Sampaikan Aspirasi

INIKATA.co.id – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Fahruddin Rangga menyerap aspirasi masyarakat atau reses di Desa Tonasa Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar, Rabu (22/2/2023).

Rangga mengatakan, reses merupakan komunikasi dua arah antara anggota DPRD selaku pemegang amanah rakyat dan konstituen sehingga dalam kunjungan secara berkala merupakan kewajiban untuk bertemu dengan konstituennya.

Baca juga:

Musrenbang Tingkat Kecamatan di Wajo, Pembangunan Jalan Jadi Skala Prioritas

“Reses ini penting dihadiri seluruh elemen masyarakat karena kesempatan seperti inilah momentum untuk menyampaiakan persoalan dan masalah yang dihadapi masyarakat, oleh karenanya masyarakat diharapkan secara terbuka menyampaikan harapan harapannya sebagai bentuk aspirasi kepada anggota DPRD yang mewakilinya di gedung parlemen,” ujar anggota Fraksi Golkar DPRD Sulsel ini.

Kata Rangga, dinamika yang berkembang dalam dialog dan tatap muka pelaksanaan reses ini masyarakat begitu lepas dan santai menyampaikan harapan dan fikirannya yang didominasi usulan bantuan pertanian diantaranya bantuan pupuk.

“Bibit padi dan jagung, mesin pompa air, alsintan, jalan tani, bantuan peternakan, dan ada pula yang mengusulkan berbagai infrastruktur desa, bantuan modal usaha UMKM, mesin jahit bagi kaum perempuan dan ibu-ibu,” katanya.

Perkembangan sesi dialog dan tanya jawab Rangga memberi respon dan tanggapan yang sangat baik dan cukup bijak terhadap berbagai harapan dan pertanyaan masyarakat ditanggapi lebih mendalam dengan diplomatis dan sistematis, membuat suasana reses dapat berjalan lancar penuh kekeluargaan.

Selain itu, Rangga berharap masyarakat agar lebih proaktif dalam mengajukan setiap usulan permintaan bantuan yang dibutuhkan sehingga dapat lebih cepat ditindaklanjuti sebelum proses pembahasan APBD berikutnya.

Salah satu tokoh masyarakat Desa Tonasa sebagai tuan rumah Dg Nyampa mengapresiasi kehadiran Fahruddin Rangga. Sekedar diketahui, reses di Desa Tonasa ini merupakat titik kedua.

Sebelumnya, Rangga juga menggelar reses di  Kulurahan Mangadu Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar.

Disana, Rangga menjelaskan, pada penyerapa aspirasi atau reses masa sidang Tahun 2022/2023 ini mengemuka permintaan masyarakat terkait pertanian. “Masih soal ketersediaan pupuk dan bibit,” kata rangga.

Salah satu tokoh masyarakat dari Desa Bontomanai yang hadir dalam reses Dg Bella menyampaikan harapannya terkait kebutuhan masyarakat tani diantaranya permintaan pembuatan lanjutan jalan tani.

“Juga, ketersediaan pupuk dan bibit agar disalurkan tepat waktu saat mulai musim tanam, dan penyediaan pompa sebagai solusi kendala kesulitan air disaat musim kemarau,” singkatnya.(**)