Kunjungi Lutra, AIA Harap Pengendalian Banjir Harus Benar-benar Optimal

INIKATA.co.id – Komisi V DPR RI mengunjungi Kabupaten Luwu Utara. Rombongan yang dipimpin Andi Iwan Darmawan Aras ini meninjau langsung Huntap, sungai, bendung hingga pelabuhan Munte.

Tiba di Bandara Udara Bua pagi tadi, rombongan Komsi V DPR RI langsung bertolak menuju Desa Radda salah satu lokasi yang menjadi tempat pembangunan hunian tetap (Huntap) untuk para penyintas banjir bandang. Usai meninjau HUNTAP rombongan menuju sungai Masamba.

Baca juga:

Ombudsman Temukan Dugaan Praktik Manipulasi Data PPDB di Sulsel

“Pasca banjir ini kita mendorong Kementerian PUPR agar segera menyelesaikan secara maksimal terkait kegiatan penanganan banjir baik di Sungai Masamda dan Radda. Kalau penanganan sebelumnya sifatnya sementara kita harap secepatnya dibenahi, dipermanenkan agar daya tahan konstruksinya benar benar optimal,” kata Wakil Ketua Komsi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras.

Menurutnya, hal tersebut harus secepatnya dilakukan, mengingat saat ini kindisi cuaca yang sangat tidak menentu.

“Kita harap bangunan pengendalian banjir harus benar benar optimal. 2023 ini di Sungai Radda kita ada pembangunan membuat Sabo Dam, dibangun dengan fungsi untuk mengendalikan sedimen dengan cara menahan, menampung dengan harapan bisa mengurangi sedimen. Kita haram progresnya juga ini lancar,” jelas Ketua Gerindra Sulsel itu.

Iwan Aras juga menyampaikan, penanganan pasca banjir bandang juga dibutuhkan koordinasi lintas kementerian, karena dirinya meyakini ada penyebap lain dari munculnya sedimen.