Coklit Data Pemilih, KPU Makassar Kerahkan 3.998 Pantarlih

INUKATA.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar telah melantik 3.998 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih), Minggu (12/2/2023) kemarin. 3.998 Pantarlih ini akan melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih Pemilu 2024.

Komisioner KPU Makassar, Endang Sari menuturkan, pantarlih merupakan petugas yang dibentuk oleh PPS atau PPLN untuk melakukan pendaftaran dan pemutakhiran data pemilih.

Baca juga:

KPPG Sulsel Kunjungi Tokoh Perempuan Golkar

Tugas Pantarlih nantinya akan melakukan pencocokan dan penelitian atau Coklit yakni  kegiatan yang dilakukan oleh Pantarlih dalam Pemutakhiran Data Pemilih dengan cara mendatangi Pemilih secara langsung.

“Pemilu ditentukan data yang valid salah satu unsur objektivitas, faktual antara data yang tercatat dengan yang di lapangan harus sesuai,” ungkap Endang, Senin (13/2/2023).

Ia berharap masyarakat dapat memberikan kesempatan kepada petugas Pantarlih untuk melaksanakan coklit dengan baik.

Ia menjelaskan, berdasarkan PKPU Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Sistem Informasi data Pemilih, Pemutakhiran Data Pemilih adalah kegiatan untuk memperbaharui data Pemilih berdasarkan DPT dari Pemilu dan Pemilihan Terakhir, serta DPTLN yang disandingkan dengan DP4 serta dilakukan pencocokan dan penelitian yang dilaksanakan oleh KPU.

“Dalam melakukan ini KPU dengan dibantu oleh PPK, PPS, dan Pantarlih. Sebagaimana diatur dalam Pasal 18 PKPU 7 Tahun 2022, Pemutakhiran Data Pemilih dilakukan dengan cara Coklit, Coklit dilaksanakan oleh Pantarlih,” jelasnya.

Lebih lanjut Endang menandaskan, masa kerja Pantarlih dimulai 12 Februari sampai 11 alApril 2023 mendatang.(**)