Wabup Dorong Penguatan Kolaborasi Lintas Sektor Tangani Stunting

INIKATA.co.id — Wakil Bupati (Wabup)  Gowa , Abd Rauf Malaganni membuka Coaching Klinik Pengisian Webmon (Web Based Monitoring) program stunting tingkat kabupaten  di Hotel Aston Makassar Selasa (7/2).

Abd Rauf yang juga Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Gowa dalam sambutannya mengaku menyabut baik dan mengapresiasi pelaksanaan coaching webmon ini. Menurutnya Webmon hadir sebagai alat bantu untuk memantau pelaksanaan dan pelaporan 8 aksi konvergensi yang dilaksanakan oleh seluruh Kabupaten/Kota.

Baca juga:

DPRD & Gubernur Sulsel Teken Persetujuan APBD TA 2023

“Olehnya itu, saya mendukung dan mengapresiasi program USAID ERAT melalui kegiatan penguatan  kolaborasi lintas sektor melalui bantuan pengisian Webmon program stunting di Kabupaten Gowa,” ujarnya.

Lanjut Kr Kio sapaan Wakil Bupati Gowa, Kehadirian Webmon diharapkan dapat meningkatkan sinergitas kegiatan stakeholder baik dari Pemerintah  Daerah maupun Non Pemerintah Daerah dalam intervensi penanganan stunting yang sifatnya intervensi spesifik maupun sensitif.

“Saya berharap setelah kegiatan kapasitas peserta dapat meningkat dalam pengimputan data stunting secara benar dan sistematis serta penguatan komitmen OPD dalam pengimputan 8 aksi konvergensi,” lanjutnya.

Baca juga:

Indira Yusuf Ismail Minta Peran Aktif Bunda PAUD Tangani Stunting

Saat ini kata Abd Rauf stunting merupakan salah satu permasalahan yang menjadi fokus Pemerintah Pusat hingga Daerah. Perhatian yang serius dari seluruh pihak sangat dibutuhkan, karena ini sangat berkaitan erat dengan kualitas Sumber Daya Manusia khususnya di Kabupaten Gowa di masa yang akan datang.

Pemerintah Pusat menargetkan pada tahun 2024 angka stunting secara Nasional sebesar 14 persen. Sementara khusus di Kabupaten Gowa, dirinya menyebutkan saat ini stunting berada di angka 33 persen. Olehnya itu, dirinya berharap sinergitas dan kolaborasi dari semua pihak dalam penurunan angka stunting.

“Kita harus tetap optimis untuk dapat menurunkan angka prevalensi stunting sesuai dengan target nasional, salah satunya dengan pengembangan inovasi yang diharapkan dimiliki oleh seluruh OPD terkait,” harapnya.

Sementara itu, Provencial Governance Advisor USID ERAT, Sarwansa Sahabuddin menyambut baik komitmen Pemerintah Kabupaten Gowa dalam upaya penanganan stunting. Dirinya menilai bahwa komitmen Pemerintah Kabupaten Gowa dalam upaya penanganan stunting sangat kuat.

“Hasil pemantaun kami di media sosial terkait stunting ini dimana Bapak Wakil Bupati Gowa menyatakan komitmen yang sangat kuat didalam rangka menurunkan angka stunting ini,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk menyamakan persepsi dalam pengisian data Webmon. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 7-8 Februari 2023.

“Saya berharap pertemuan selama dua hari ini dipergunakan seoptimal mungkin. Karena ini terkait input data-data dan jauh yang lebih kuat nanti adalah kita membangun komitmen yang kuat untuk Kabupaten Gowa kedepan,” ujarnya.(asn)