Gagas 4 Program, Polres Maros Kini Lebih Dekat Dengan Masyarakat

INIKATA.co.id – Kepolisian Indonesia hingga saat ini terus berbenah untuk lebih dekat dan dikenal masyarakat luas, hal itu pula yang dilakukan oleh Petinggi Polres Maros.

Dimana, Kepala Polisi Resort Maros, AKBP Awaludin Amin melakukan perubahan yang signifikan mengenai citra Polisi di mata masyarakat, khususnya di masyarakat Maros.

Baca juga:

Direktur Utama PD Parkir: Ada Target yang Diberikan oleh Walikota

Di awal kepemimpinannya sejak Juli 2022 lalu, dia mulai aktif melakukan kegiatan – kegiatan sosial yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Kapolres Maros, AKBP Awaludin Amin S, mengatakan ada 4 point penting yang diterapkan dalam mendukung keberhasilan Polres Maros.

Dimana oint Pertama “MABBIRITA” yakni program dalam bahasa Bugis dan Makassar, memiliki arti berkunjung atau membangun silaturahmi.

“Ini dilakukan setiap pekan, ba’da Jumat. Membuka ruang curhat untuk masyarakat yang ingin menyampaikan masukan ataupun terkait tindak kejahatan, pungli dan gangguan kamtibmas,” Sebutnya.

Kedua, Kata dia yakni MAMMASE dimana program adalah singkatan dari Polres Maros Mewujudkan Masyarakat Sehat, ini dilakukan sebulan sekali, memberikan pengobatan massal. Diantaranya, pemeriksaan kesehatan (kolersterol, gula dan asam urat), konsultasi kesehatan dan pengobatan kesehatan.

“Memperlihatkan kepedulian pihak polisi ke masyarakat di bidang kesehatan,” Sebut Awaluddin.

Point selanjut yakni program ketiga yang berarti “turut berduka”, dimana setiap warga yang mengalami duka, Kepolisian harus hadir di tengah masyarakat yang berduka guna memberikan Motivasi pada masyarakat itu.

“setiap ada warga yang kehilangan anggota keluarganya, pihak kepolisian hadir disana untuk ikut berbela sungkawa,” terangnya.

Sementara Program Ke-4 MABBARAKKA adalah program Mabbarakka atau berarti “berkah.” Polres Maros Berbagi dengan Warga Kurang Mampu dan Komunitas Keagaaman.

“Ini juga dilakukan setiap minggu, menjumpai masyarakat kecil yang serba kekurangan untuk memenuhi kebutuhan kesehariannya, mereka diberikan sembako dan sejumlah uang tunai,” terangnya.

Ia berharap Keempat program ini, mengubah citra kepolisian di tengah masyarakat, instansi polisi lebih santai dan ramah.(fahria)