Mensesneg Buka Suara Soal Jadwal Reshuffle Menteri

INIKATA.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemungkinan bakal melakukan reshuffle beberapa menteri dalam waktu dekat. Hal itu diungkap oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

“Bisa bulan ini, bisa bulan depan,” kata Pratikno saat ditanya soal isu reshuffle, kemarin.

Baca juga:

Masinton Sebut Pertanyaan Cawapres 02 Tentang Carbon Capture and Storage Salah Kamar

Pratikno menegaskan, keputusan untuk menunjuk dan memberhentikan menteri merupakan hak prerogatif Jokowi sebagai Presiden.

Sebagaimana diketahui, isu reshuffle mulai berkembang sejak Partai NasDem mendeklarasikan bakal mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden di Pemilu 2024.

Sejumlah partai koalisi pemerintah terutama PDIP, menilai deklarasi tersebut menimbulkan jarak antara Partai Nasdem dengan Presiden Jokowi.

Baca juga:

Soal Jadwal Reshuffle Menteri, Mensesneg Bilang Bisa Bulan Ini, Bisa Bulan Depan

Kabar reshuffle semakin santer setelah Presiden Jokowi dua kali menggelar rapat terbatas (ratas) di Istana Negara pada 31 Januari kemarin. Dua menteri dari Nasdem, yakni Syahrul Yasin Limpo dan Siti Nurbaya tidak hadir dalam dua rapat tersebut.

Kemudian, ada spekulasi reshuffle bakal dilakukan pada 1 Februari lalu, bertepatan dengan hari Rabu Pon dalam penanggalan Jawa. Namun reshuffle tak kunjung dilakukan oleh Jokowi.

Terbaru, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar yang berasal dari NasDem, kembali rapat dengan Presiden Jokowi usai diterpa isu reshuffle kabinet.

Senin (6/2/2023) siang, Siti terlihat hadir rapat dengan Jokowi di Istana Presiden, Jakarta. Akan tetapi ia enggan bicara banyak saat ditemui setelah rapat.
“Perhutanan sosial. Tidak, ngobrol percepatan saja,” kata Siti usai rapat dengan Presiden Jokowi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Jokowi rapat dengan tiga menteri. Selain Siti, ada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono; dan Menteri ATR/BPN Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto. (*)