Gerakan Massikola Besutan dr. Udin Malik, Berhasil Ubah Mindset Sekolah Terbuka Terhadap APS

Inikata.co.id – Persoalan administrasi kependudukan, ekonomi dan sosial menjadi salah satu faktor penyebab anak putus sekolah. Itulah yang terjadi di Makassar saat ini.

Temuan inilah yang melatarbelakangi dr. Udin Malik membentuk gerakan Makassar Siap Sekolah (Massikola) dalam rangka menuntaskan masalah pendidikan di Kota Makassar.

Baca juga:

Sebagian Dana Iuran BPJS Tenaga Kontrak Satpol PP Diduga Diselewengkan

“Di sinilah peran kami dari Massikola menjembatani anak putus sekolah/anak tidak sekolah dengan sekolah dan dinas terkait. Bagi kami yang penting anak-anak tersebut masuk sekolah saja dulu, urusan administrasi dan lain-lain itu kami yang urus sembari mereka sekolah,” ujar dr. Udin Malik pada Silaturahim Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kecamatan Ujung Tanah, Jum’at (03/2/2023).

“Pendidikanlah yang membentuk kita, menjadi sekarang. Saya tidak bisa hadir di depanta semua tanpa bapak dan ibu guru,” ujar Ketua Forum Kemusiaan Kota Makassar ini.

Hingga saat ini melalui Massikola sudah 211 anak putus sekolah dan anak tidak sekolah telah kami kembalikan ke Sekolah, tambah dr. Udin Malik.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhyiddin menyampaikan apresiasinya kepada gerakan Massikola. Menurutnya Massikola sejalan dengan poin pertama dalam 18 Revolusi Pendidikan: Semua anak bisa sekolah.

“Kami sangat terbantu dengan adanya Massikola, dan berharap gerakan yang digagas adinda dr. Udin ini menjadi pemantik gerakan-gerakan positif lainnya di pendidikan kita,” kata Muhyiddin.

Kegiatan Peningkatan Profesionalisme dalam Implementasi 18 Revolusi Pendidikan yang diselenggarakan di Gedung Salemo SMA Hang Tuah, Makassar ini dihadiri 220 guru se-Kecamatan Ujung Tanah.(*)