Lelang Jabatan Sekprov Sulsel: Hasil Seleksi Administrasi Diumumkan Besok

INIKATA.co.id – Seleksi terbuka atau lelang jabatan untuk pengisian jabatan tinggi madya Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sulsel saat ini memasuki tahap seleksi administrasi.

Berdasarkan data panitia seleksi (Pansel), hingga pendaftaran ditutup pada 27 Januari pukul 23.59 WITA kemarin, tercatat ada 13 pejabat yang mendaftar.

Baca juga:

Kapolrestabes Tegaskan Tarik Tambang IKA Unhas Kantongi Izin

Ketua Tim Pansel, Prof Murtir Jeddawi mengatakan, nama-nama peserta yang lolos seleksi administrasi dan berhak untuk lanjut ke tahap berikutnya akan diumumkan pada 1 Februari, besok.

“Sebelum menetapkan nama-nama yang lolos persyaratan administrasi, pansel bakal menggelar rapat pleno untuk cross check keabsahan dokumen (admisntrasi) yang disubmit peserta,” kata Prof Murtir, Senin (30/1/2023).

Setelah pengumuman hasil seleksi administrasi, kata dia, para peserta seleksi terbuka untuk pengisian jabatan Sekprov Sulsel yang dinyatakan lolos akan mengikuti seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural melalui metode asesmen.

Baca juga:

Lelang 7 Jabatan Eselon, Pj Sekda Makassar Tegaskan Tidak Ada Anak Emas

“Itu (seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural) dijadwalkan pada 6 sampai 9 Februari 2023,” ujarnya.

Selanjutnya, pada 13-15 Februari 2023, para peserta akan melakukan penulisan makalah, penilaian rekam jejak dan wawancara kompetensi teknis oleh Pansel.

Untuk informasi, seleksi terbuka untuk pengisian jabatan Sekprov Sulsel ini terdiri dari beberapa tahapan. Setelah pendaftaran dan dilakukan seleksi administrasi, tahapannya dilanjutkan dengan seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural; penulisan makalah, penilaian rekam jejak dan wawancara kompetensi teknis; dan pengumuman hasil seleksi sekaligus pengajuan nama 3 calon terbaik kepada Gubernur Sulsel akan dilakukan pada 24 Februari mendatang.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengaku tak bisa berkomentar terkait seleksi lelang jabatan untuk posisi Sekprov Sulsel karena sudah ada panitia yang terbentuk.

“Saya tidak boleh komentar kalau sudah ada panselnya,” kata Sudirman.

Terpisah, pengamat pemerintahan Unhas, Andi Ali Armunanto berharap agar seleksi lelang jabatan Sekprov ini terhindar dari kepentingan politik.

Tahapan seleksi ini, kata dia, harus dilakukan sesuai regulasi dengan memperhatikan kualitas peserta seleksi lelang jabatan sekprov.

“Kita berharap proses ini dilakukan dengan meritokrasi, mengandalkan merit sistem yang tepat, sehingga Sulsel bisa mendapatkan sekprov yang berkualitas,” kata Ali Armunanto.

“Walaupun memang di tahun-tahun politik seperti ini tentu kepentingan politik juga banyak yang ikut bermain, tapi kita berharap itu tidak mempengaruhi proses seleksi atau rekrutmen pejabat di provinsi,” pungkasnya. (fdl)