Resmi Masuk Golkar, Ridwan Kamil Terima KTA

INIKATA.co.id – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi bergabung menjadi kader Partai Golkar. Bergabungnya orang nomor satu di Jawa Barat ditandai dengan diterimanya kartu tanda anggota (KTA).

“Saya menyatakan siap untuk berkhidmat kepada rakyat melalui dimensi baru dengan bergabung ke partai politik. Selama 10 tahun sudah mengabdi dengan tugas sebagai kepala daerah, itu tentu amanat menjaga demokrasi kita,” kata Ridwan Kamil di kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Jakarta, Rabu (18/1).

Baca juga:

KPK Minta Sekjen Kemenhub Penuhi Panggilan Tim Penyidik

Pria yang karib disapa Kang Emil ini menjelaskan, alasan dirinya bergabung ke partai pimpinan Airlangga Hartarto. Menurut Emil, Partai Golkar sangat kuat dengan partai tengah.

“Golkar sangat kuat sebagai simbol partai tengah, partai Pancasila, partai terbuka, sehingga ini yang menjadi minat saya,” ucap Ridwan Kamil.

Selain itu, Ridwan Kamil mengungkapkan Partai Golkar dinilai sangat demokratis. Hal ini pun yang menjadi alasannya bergabung ke partai berlambang pohon beringin.

Baca juga:

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil Tinjau Pembangunan Rumah Tahan Gempa di Cianjur

“Hubungan komunikasi dengan pak Airlangga sangat baik. Kami sering berdiskusi urusan ekonomi dan juga hal personal,” ucap Ridwan Kamil.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyampaikan, Ridwan Kamil memenuhi syarat menjadi kader Partai Golkar. Menurut Airlangga, Golkar adalah partai tengah yang terbuka, menghindari politik identitas dan mensejahterakan masyarakat.

“Kang Emil memenuhi syarat karena selama ini beliau juga telah bekerja menangani kesejahteraan masyarakat, secara ideologi, tidak terlalu berbeda,” ujar Airlangga.

Airlangga mengatakan proses masuknya sudah berlangsung lama dan secara bertahap. Sebelum resmi menjadi kader, kata Airlangga, Ridwan Kamil menjadi Dewan Penasihat organisasi sayap Kosgoro 1957.

“Tugas Kang Emil menggalang pemilih dan memenangkan pemilu karena pemilu tinggal satu satu. Alhamdulillah, posisi Golkar di Jawa Barat sudah baik dan dengan masuknya Kang Emil ada tambahan untuk melengkapi tim Partai Golkar,” pungkas Airlangga. (Jawa Pos)