Kadis Kominfo Sulsel: Kedatangan Wadir Tipikor Bareskrim Polri Tak Membicarakan Stadion Mattoanging

MAKASSAR, INIKATA.co.id — Kedatangan Wadir Tipikor Bareskrim Mabes Polri Kombes Pol Arief Adiharsa di Kantor Gubernur Sulsel yang diterima Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Aslam Patonangi murni membicarakan peningkatan pencegahan kasus korupsi di Sulsel.

Dalam pertemuan tersebut tidak ada sama sekali membicarakan soal Stadion Mattoanging, apalagi jika sampai beredar isu bahwa kasus tersebut diambil alih oleh Mabes Polri.

Baca juga:

Indira Jusuf Ismail Dampingi Tim Kemenkes Tinjau Penanganan Eliminasi TB di PKM Tamalate

Hal tersebut ditegaskan Plt Kepala Dinas Kominfo Sulsel Sukarniaty Kondolele, Rabu (18/1/2023) di Makassar.

“Tidak ada itu membucarakan soal Mattoanging. Kedatangan Wadir Reskrim Mabes Polri untuk menyampaikan bagaimana agar utamakan pencegahan, bukan lagi pada penindakan,” tegas Sukarniaty Kondolele.

Kadis Dukcapil Provinsi Sulsel ini menyampaikan bahwa jika ada yang beredar bahwa kasus pembongkaran Matonging itu masuk di Mabes Polri, itu hanya isu dan tidak mendasar. Karena memang dalam proses pertemuan antara Pj Sekda dengan Wadir Bareskrim Mabes Polri tak lain membucarakan bagaimana bersinergi antara Pemprov Sulsel dengan pihak kepolisian dalam proses pencegahan korupsi.

Baca juga:

Banyak Calon Penonton yang Tertipu, Promotor Konser Coldplay Diperiksa Bareskrim Polri

“Sekali lagi tak ada yang membicarakan Mattoanging apalagi kasus pembongkarannya saat acara pertemuan itu,” tutup Sukarniaty.

Sekadar diketahui, dalam pertemuan tersebut Aslam sebelumnya menjelaskan, saat ini pihak Direktorat Bareskrim Polri mengutamakan pencegahan terlebih dahulu, dibandingkan penindakan.

Karena paradigma pencegahan hukum restoratif dan rehabilitatif bukan lagi pada pidana. “Mereka (Tipikor Bareskrim Polri) tidak bermain di ujung, tapi di pangkal,” jelas mantan Bupati Pinrang dua periode itu.

Sementara itu, Wakil Direktur Direktorat Tindak Pidana Bareskrim Polri, Kombes Arief Adiharsa, mengaku, kehadiran dirinya bersama rombongan untuk mendukung pembangunan di Pemerintah (Provinsi) Pemprov Sulsel.

“Hanya penguatan kerjasama aja. Ini terkait kerjasama kita dengan Pemprov Sulsel. Kita mendukung pembangunan disini. Kira-kira begitu, semuanya intinya pencegahanlah,” kata Arief Adiharsa, di Kantor Gubernur Sulsel, Senin 16 Januari 2023. (**)