Baju Baru Bapak-Ibu Dewan Sulsel Dianggarkan Rp2,4 Miliar

INIKATA.co.id – DPRD Sulsel tahun ini menganggarkan kurang lebih Rp2,4 miliar untuk belanja atau pengadaan “baju baru” bagi 85 legislator, sebagai salah satu fasilitas untuk wakil rakyat.

Kepala Bagian Sekretariat DPRD Sulsel, Masdar mengatakan, pengadaan baju baru bagi 85 legislator DPRD Sulsel itu terbagi dalam lima paket kegiatan, yakni pakaian dinas harian (PDH) sebesar Rp233 juta; dan pakaian sipil harian (PSH) Rp467 juta; pakaian sipil lengkap (PSL) sebanyak Rp430 juta; pakaian sipil resmi (PSR) Rp233 juta; dan pakaian adat Rp1,122 miliar.

Baca juga:

Tiga Pelaku Pengeroyokan Mahasiswa di Makassar Diringkus Polisi

“Totalnya itu sebesar Rp2,487 miliar. Itu fasilitas untuk anggota dewan. Kan anggota dewan itu memang ada fasilitasnya,” kata Kabag Umum DPRD Sulsel, Masdar, Selasa (17/1/2023).

Menurut Masdar, 5 paket rencana pengadaan pakaian anggota dewan itu telah di-upload di Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (Sirup) Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

“Itu di-upload dan terbaca di LPSE SIRUP LKPP sebagai bentuk tranparansi,” ujarnya.

Masdar menjelaskan, pengadaan baju dinas anggota DPRD Sulsel itu termuat dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2023 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

“Jadi terkait baju dinas anggota dewan, itu diatur ketentuan ayat 2 Pasal 9 yang terdiri dari tiga ayat. Adapun ayat pertama yaitu tunjangan kesejahteraan pimpinan dan anggota DPRD yang terdiri atas jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian dan pakaian dinas dan atribut,” jelasnya.