Sekda Kota Makassar Bersama USAID IUWASH Tangguh Bahas Tindak Lanjut Pengelolaan IPAL

INIKATA.co.id – Sebagai tindak lanjut pertemuan bersama Wali Kota Makassar terkait pengelolaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), USAID Indonesia Urban Resilient Water Sanitation and Hygiene (IUWASH) Tangguh temui Sekda Kota Makassar, Muh Ansar, di Balai Kota, Jumat (13/01/2023).

Baca juga:

Penelitian Balitbangda, Pemahaman Kepala Sekolah Belum Linier dengan 18 Revolusi Pendidikan

Dalam pertemuan tersebut, Ansar menyampaikan kesiapan untuk menindaklanjuti pengelolaan IPAL di Kota Makassar.

“Ada rencana pembagian tugas antara PDAM dengan BLUD IPAL Dinas PU Kota Makassar yang nantinya akan diatur dalam Perwali yang merupakan turunan dari Perda No 1 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik,” kata Ansar.

Pengelolaan IPAL Losari, kata dia, rencananya akan ditangani PDAM Kota Makassar yang meliputi 4 kecamatan, yakni Kecamatan Mamajang, Ujung Pandang, Mariso dan Tamalate, melalui pengelolaan air limbah secara advance.

Sedangkan untuk pengelolaan air limbah secara konvensional, akan ditangani oleh BLUD IPAL Dinas PU Kota Makassar.

Nantinya, lanjut Ansar, akan dipertemukan beberapa instansi lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar untuk membahas lebih lanjut teknis pelaksanaan. Instansi yang dimaksud, diantaranya PDAM, Dinas PU, Bappeda, Dinas Tata Ruang, serta camat dan beberapa SKPD lain yang memiliki keterkaitan dengan pengelolaan IPAL.