Kondisi Aman, Elevasi Air di Pintu Bendungan Bili-bili Masih di Bawah Normal

INIKATA.co.id – Kondisi Bendungan Bili-bili di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan dipastikan masih aman meski Kota Makassar dan sekitarnya terus diguyur hujan.

Kamis, 5 Desember 2023 pukul 12.00 WITA, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang mencatat, ketinggian air di pintu Bendungan Bili-bili masih di bawah normal, yakni pada elevasi 96,75 mdpl (elevasi normal 99,5 mdpl). Debit air yang dikeluarkan 165 m3/detik atau 165 juta meter kubik. Hal itu disampaikan Posko Induk BBWS Pompengan Jeneberang dalam keterangan resminya,

Baca juga:

dr. Udin Malik Ajak 800 Guru di Kecamatan Biringkanaya Berkolaborasi Tuntaskan Anak Putus Sekolah

Posko Induk BBWS Pompengan Jeneberang juga menyampaikan bahwa air yang dikeluarkan diatur untuk menyiapkan tampungan banjir dari hulu dengan memperhatikan kondisi bagian hilir agar tidak terjadi banjir.

Diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) wilayah IV Makassar mengeluarkan peringatan dini hujan lebat disertai petir dan angin kencang pagi ini untuk sejumlah wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel). BMKG memprakirakan kondisi ini bisa berlangsung hingga pukul 09.40 Wita.

“Masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang,” demikian peringatan dini BMKG Makassar yang dirilis pagi ini, Kamis (5/1).

Baca juga:

Kasus Mafia Tanah Pembangunan Bendungan Passeloreng Naik ke Tahap Penyidikan

BMKG melaporkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang pada pukul 06.40 Wita berpotensi terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Jeneponto seperti Bangkala dan Bangkala Barat.

Kemudian di Takalar meliputi wilayah Polombangkeng Utara. Sementara di Kabupaten Gowa bisa terjadi di wilayah Bajeng, Tinggimoncong, Parangloe, Bontomarannu, Palangga, Bungaya, Biringbulu, Pattalasang, Manuju, Parigi. (*)