Kompensasi PMK Tahap II di Sulsel Dipending, kapan Ditransfer ?

INIKATA.co.id – Kompensasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tahap dua di Provinsi Sulawesi Selatan yang sebelumnya direncanakan akan ditransfer pada akhir tahun 2022 terpaksa harus dipending. Minggu (1/1/2023).

Plt Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Sulsel, Sriyanti Haruni mengatakan pengunduran tersebut dikarenakan pengurusan pembuatan kartu rekening yang masih tertahan di Bank BRI.

Baca juga:

Kasatpol Makassar Ingatkan Warga, Tetap Memakai Masker di Tempat Keramaian

“Menurut informasi dari kementerian pertanian katanya kompensasi tahap dua masih terpending di Banknya jadi administrasinya terhambat di BRI, tetapi sudah teregistrasi dan sudah dalam proses,” ujar Sriyanti belum lama ini.

Ia menjelaskan, sebanyak 15 ribu kartu rekening yang akan dibuat untuk menyalurkan kompensasi tahap dua yang akan disalurkan bulan depan (Januari 2023).

“Inikan ada 15 ribu se-Indonesia yang dibuat disana, apalagi ini akhir tahun, kalau dari kementerian sudah dimasukkan di proses pembuatannya,” jelasnya.

“Nanti kalau mereka terima rekening, rekening itu sudah terisi langsung Rp10 juta untuk per ekornya, tergantung dari berpa hewan ternak yang di potong bersyarat kemarin” sambung dia.

Lebih jauh, Sriyanti menuturkan, angka kesembuhan PMK di sulsel meningkat dengan drastis, saat ini kesembuhan hewan sudah berada di angka 80 persen.

“Kemarin sudah pernah 14 ribu penyakit sekarang sudah kurang. Sekarang tinggal 2.100. Yang sakit sudah mulai banyak yang sembuh, dan sudah tidak adalahi yang sakit karena kita sudah banyak melakukan vaksinasi artinya sudah mulai beraksi itu vaksin dan pengobatan,” tuturnya.

Diketahui, sebelumnya Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Nurlina Saking mengatakan untuk penyaluran kompensasi PMK tahap satu telah dilakukan 16 November.

Adapun jumlah tahap pertama yang tersalurkan sebanyak 177 ekor, dan untuk tahap ke dua akan disalurkan sebanyak 403 ekor di Januari tahun depan. (fdl)