Prediksi BMKG: Cuaca Ekstrem Bakal Landa Sulsel Hingga 5 Januari 2023


INIKATA.co.id – BMKG Wilayah IV Makassar memprediksi wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) masih akan dilanda cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang berpotensi memicu bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor hingga 5 Januari 2023 mendatang.

Baca juga:

Kanwil VI KPPU Sambangi Pangdam XIV Hasanuddin, Perkuat Sinergitas


“Sampai data terakhir, hujan sedang hingga lebat masih masih berpotensi terjadi hingga tanggal 5 Januari 2023,” kata prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, Asriani Idrus, Rabu (28/12/2022).


Menurut Asriani, beberapa faktor yang memicu cuaca buruk di sejumlah wilayah Sulsel, diantaranya pertemuan angin di laut Jawa, munson Asia, dan tekanan rendah di utara Australia.


Kata dia, dampak cuaca buruk umumnya terjadi di wilayah Sulsel bagian barat dan bagian selatan.
“Bagian barat itu meliputi Pinrang, Parepare, Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa, dan Bantaeng. Sedangkan bagian selatan itu meliputi Jeneponto, Takalar, dan Kepulauan Selayar,” terangnya.

Baca juga:

Warga Diminta Siaga Banjir, Danny: Semua Siaga Banjir Hari ini


Olehnya itu, ia mengimbau masyarakat di daerah tersebut untuk selalu waspada.


“Hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan gelombang tinggi itu dapat mengakibatkan banjir, pohon tumbang, dan keterlambatan transportasi,” jelasnya.


Selain hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, Asriani juga memprakirakan akan terjadi gelombang tinggi di perairan pesisir Sulsel bagian barat dan selatan hingga akhir tahun.


“Ketinggian gelombang diprediksi bisa mencapai 1,25 meter hingga 6 meter,” ujarnya.


Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga mengingatkan masyarakat agar tidak ngotot pergi berwisata atau liburan akhir tahun apabila cuaca ekstrem seperti hujan deras, banjir, dan badai.