Pj Bupati Takalar Harap Kerjasama yang Solid

INIKATA.co.id – Penyambutan Pj Bupati Takalar, Setiawan Aswad berlangsung di Baruga I Mannindori Kantor Bupati Takalar kemarin. Sekda Takalar, Muh Hasbi dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Pj Bupati Takalar di Butta Panrrannuangku.

Dihadapan Pj Bupati, Hasbi memperkenalkan letak geografis Takalar. Dimana wilayah barat Takalar berbatas langsung dengan Kota Makassar.

Baca juga:

Capaian SPI KPK 2022, Wajo Tertinggi di Sulsel

“Diwilayah timur berbatasan dengan Kabupaten Gowa dengan luas wilayah 566 Km² dan memiliki panjang pantai 42 Km,” tutur Hasbi.

Kata dia, Takalar juga terdiri dari 10 kecamatan dan sebentar lagi perdanya akan didefinitifkan menjadi 12 kecamatan dengan jumlah Desa/Kelurahan 111 desa jumlah penduduk Takalar 305.000 jiwa dengan mata pencaharian penduduk mayoritas petani dan nelayan.

“Beliau dimandat oleh Gubernur Sulsel untuk menyelesaikan tugas-tugas yang sudah baik dan melengkapi yang masih kurang” jelas Sekda Takalar. Semoga apa yang menjadi informasi awal ini bisa menjadi bahan awal untuk pembangunan takalar kedepan,” jelasny. 

Sementara itu, Setiawan Aswad dalam sambutan pertamanya  menyampaikan terima kasih atas penyambutan yang penuh kekeluargaan. Beliau juga memperkenalkan diri dan menjelaskan perjalanan karirnya selama di pemerintahan. 

“Berbicara tentang takalar. Takalar bisa dikatakan kecil-kecil cabe rawit, karena hampir seluruh potensi pembangun peradaban manusia ada di sini. Baik dari sisi letak geografis dan radius yang dekat dari pemerintahan Prov. Sulsel. Biasanya kehidupan yang lebih berkualitas akan ditemukan disitu seiring dengan kemajuan peradaban kita,” jelas Pj Bupati ini. 

Dijelaskan pula, sebagai Pj Bupati Takalar tentunya ia membutuhkan kerjasama dari semua pihak dalam melanjutkan pemerintahan ini, dengan sikap solid akan menjadikan takalar menjadi kabupaten yang dapat mensejaterakan masyarakat.

“Saya target tiga bulan kedepan akan mengembalikan sistem merit. Yaitu kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi,” terangnya.

Ia juga menambahkan Penguatan pelayanan dasar seperti pendidikan, kesehatan, inftastruktur dan kesehteraan masyarakat juga menjadi perhatian pemerintah kedepan. 

Sebelumnya juga Pj Bupati meninjau abrasi pantai bersama Kapolres Takalar Akbp Gotham Hidayat dan Dandim 1426/Takalar Letkol Czi Catur Witanto sebelum menuju kantor Bupati Takalar untuk seremoni penyambutan. 

“Saya mendengar kabar bahwa beberapa dusun terkena abrasi. Sehingga saya memutuskan untuk langsung mengunjungi masyarakat yang terkena musibah. Karena saya anggap semua yang ada disini keluarga akan memahami jika saya terlambat, tetapi masyarakat yang terkena bencana mungkin tidak akan memahami jika kita terlambat,” kata Setiawan kepada para hadirin dalam penyambutannya.

Untuk mengurangi resiko abrasi, Setiawan Aswad meminta BPBD Takalar untuk segera berkoordinasi dengan OPD terkait memberikan pengaman pantai.

“Karena jika tidak diberi pengaman maka dua tiga hari kedepan dengan cuaca seperti ini maka akan hanyut rumah dipesisir sana. Saya minta camat, kepala desa catat apa-apa saja kebutuhan masyarakat. Meskipun tidak mampu membantu secara keseluruhan setidaknya pemerintah hadir yang pertama membantu masyarakat terkena bencana,” pungkasnya.(zq)