Kodim Bone Gelar Latihan Gulben

INIKATA.co.id – Komando Distrik Militer (Kodim) 1407/Bone menggelar Latihan penanggulangan bencana alam (Gulben) tahun 2022 bertempat di wilayah Kabupaten Bone.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari yang didahului dengan Upacara Pembukaan, Latihan Teori Praktis, Latihan Drill Taktis, dan Latihan Di Medan Sebenarnya yang berlokasi di Bajoe, Kec. Tanete Riattang Timur, Kab. Bone yang melibatkan kurang lebih Ratusan Babinsa.

Baca juga:

APAK RI Minta KPK Tak Abai Pada Fakta Sidang Suap Auditor BPK RI Sulsel

Dari pantauannya, Dandim 1407/Bone Letkol Inf. Moch. Rizqi Hidayat Djohar menjelaskan bahwa tujuan dari Latihan Penanggulangan Bencana Alam ini untuk meningkatkan kemampuan Satuan Kodim 1407/Bone dibawah naungan Korem 141/Toddopuli ketika menghadapi bencana diwilayah Kabupaten Bone.

Menurut Dandim, Latihan tersebut juga merupakan aktualisasi atas visi Kodam XIV/Hasanuddin yakni 6K yang memiliki arti luas yakni selalu Menjadi Solusi Untuk Masyarakat.

“Satuan TNI, diharapkan memiliki kesiapsiagaan yang tinggi untuk mengantisipasi setiap kemungkinan bencana alam yang timbul di daerah, sesuai dengan kemampuan dan kewenangan tugas TNI,” tegasnya.

Lebih lanjut, Rizqi juga berharap, Kodim 1407/Bone bisa lebih meningkatkan kemampuan dalam prosedur pengambilan keputusan taktis, yang didalamnya berisikan hubungan kerja antara Komandan dan Anggota agar senantiasa siap setiap saat.

Selain itu Pasi Ops Kodim 1407/Bone Lettu Inf. Akhyar Budiman S.IKom menyampaikan, Latihan penanggulangan bencana alam yang dilaksanakan ini, merupakan sarana bagi seluruh personel Jajaran Kodim 1407/Bone selaku pembina kewilayahan, agar mampu menghadapi potensi jika terjadi bencana alam disaat kapanpun.

“Ini untuk melatih kesiapsiagaan personel kita, dalam menghadapi dan mengatasi kemungkinan adanya bencana alam di wilayah kita khususnya Kabupaten Bone,” ungkap Panglima Perang Kodim Bone (Pasi Ops).

Lettu Akhyar menambahkan, bahwa latihan ini sangat penting, pasalnya selain untuk melatih kesiapsiagaan personelnya, Juga untuk mengasah kemampuan serta profesionalisme sehingga prajurit semakin terbiasa dan tepat serta cepat dalam menyikapi perkembangan situasi di wilayah.

“Kita inginkan prajurit jajaran Kodim 1407/Bone terbiasa dan dapat bertindak tepat, cepat dalam menyikapi setiap perkembangan situasi di wilayah,” katanya.(**)