Posko Solutif Bagi Masyarakat, Kontainer Recovery Jadi Tempat Multifungsi

INIKATA.co.id – Keberadaan kontainer Makassar Recover yang digagas Wali Kota Makassar untuk ditempatkan di setiap kelurahan memiliki manfaat bagi masyarakat karena menjadi posko solutif bagi masyarakat.

Tempat ini sebelumnya menjadi pusat penanganan pandemi Covid-19. Pasca wabah tersebut melandai, kontainer Makassar kini menjadi tempat multifungsi bagi masyarakat untuk berbagai pertemuan dan pelaksanaan kegiatan.

Baca juga:

Ratusan Warga Pulau Antusias Ikuti Run Race Lantang Bangngia Kecamatan Sangkarrang

“Iya multi fungsi, kemarin waktu hujan kita jadikan lagi posko penanganan bencana banjir, jaga-jaga disitu terus teman-teman lagi yang mendata sekarang ini pendataan itu dijadikan lagi disitu markas. Jadi yang mana yang membutuhkan untuk kita berkumpul diistu untuk kegiatan yang kira-kira untuk manfaat wilayah kita, kita selalu arahkan kesana,” ujar Camat Rappocini, Syahruddin, Rabu (7/12/2022).

Kegiatan posyandu hingga rapat pemuda, kata dia, juga dilakukan di kontainer, artinya posko ini menjadi solusi bagi masyarakat yang melakukan pertemuan untuk memecahkan masalah.

“Jadi kita pakai untuk posyandu ibu-ibu, selama ini posyandu masih dilakukan di rumah, jadi kita pusatkan diistu. Ada pemuda kalau mau rapat itu dia bilang pak lurah bisa pinjam kontiner recovery ta, itu semua posko jadi solusi, jadi kalau dibilang buang-buang uang tidak benar karena itu menggunakan anggaran, sayang kalau tidak dimanfaatkan,” ucapnya.

Bahkan, kegiatan keagamaan untuk pertemuan pengajian hingga pertemuan dengan Kepolisian dan TNI untuk untuk membicarakan kemananan masyarakat.

“Ada pertemuan-pertemuan pengajian biasa dilaksanakan di kontainer recovery, seperti di kelurahan banta-bantaeng itu tidak pernah sunyi kegiatan di posko,” kata dia.

“Kemarin saya dapat dengan Pak Kapolsek di Kontainer, rapat dengan Danramil di kontainer. Jadi memang multi fungsi dan sangat bermanfaat untuk masyarakat,” sambungnya.

Menurut dia, masyarakat Kota Makassar tentu sangat berterimakasih atas gagasan Wali Kota Makassar yang selalu memberikan inovasi dengan dampak yang signifikan terhadap masyarakat.

“Kita sangat berterimakasih sebenarnya dengan apa yang di ciptakan oleh pak wali kemarin itu, terbantulah kita untuk mengeluarkan pendapat disitu,” tandasnya.

Sementara Pj Ketua RT 4 RW 1 Kelurahan Bonto Biraeng, Irfan K. Dg. Pase mengatakan pasca covid mereda, kontainer tersebut memiliki banyak fungsi lain yang manfaatnya tidak kalah besar. Salah satunya menjadi pusat koordinasi perangkat RT RW yang ada di kelurahan.

“Sekarang kita jadikan posko untuk koordinasi rutin sesama warga, Ketua RT, RW, LPM, Binmas, Bhabinkamtibmas. Kita koordinasikan macam-macam, urusan keamanan dan ketertiban warga, kebersihan wilayah,” jelasnya.

Tidak hanya itu, tokoh masyarakat Mamajang ini menyebut kontainer juga bisa dijadikan ruang pertemuan antar warga bahkan bisa dijadikan Posyandu.

Dia mengapresiasi realisasi program nyata yang dilakukan Pemkot Makassar melalui keberadaan kontainer tersebut. Mulai dari penanganan Covid hingga urusan wilayah kelurahan dan warga.

“Kami sangat mengapresiasi program yang sudah berjalan dan yang sedang berjalan. Tentu ke depan harapan kami kontainer ini bisa tetap dimanfaatkan, meski pun kepala daerah akan berganti. Sebab manfaatnya kami yang rasa,” harap Irfan.

Terpisah, Wali Kota Makassar, Moh Ramadan Danny Pomanto mengatakan posko kontainer itu kembali difungsikan sebagai tempat Posyandu, Shelter Warga, Posko Bencana atau Banjir serta tempat kumpul dan musyawarah warga.

“Kontainer Makassar Recover ini memang inovasi yang multifungsi dan bisa digunakam untuk jangka panjang serta sangat bermanfaat untuk kepentingan masyarakat,” jelas Danny.

Kontainer Makassar Recovery Tempat Multifungsi

Lurah Banta Bantaeng, Ady Mulyadi Jacub mengatakan sangat terbantu dengan adanya kontiner Makassar recovery, karena menjadi tempat multi fungsi yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Dengan hadirnya Makassar recovery ini banyak membantu saya karena dengan kapasitas tempat ada wadahnya mereka rapat. Jadi multi fungsi untuk sosial, Covid semua pakai,” jelasnya.

Kegiatan Sosial

Ady mengatakan kontainer Makassar Recovery ini menjadi kegiatan kegiatan sosial yang bisa dimanfaatkan untuk memudahkan masyarakat, mislanya seperti mengambil bantuan langsung tunai hingga pembagian sembako.

masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh untuk mengambil bantuan di Kantor Pos, jadi cukup dengan jalan kaki ke kontainer Makassar Recovery.

“Mitigasi sosial ini banyak manfaatnya seperti pembagian-pembagian BLT, itu cukup besar orang yang mau menerima dan warga kami 600 lebih tidak perlu jauh-jauh ke Kantor Pos silahkan di kontainer ini,” imbuhnya.

“Kita kemarin pembagian pasar murah lagi disitu, disitu semua tempat kegiatan sosial kami. Masyarakat itu tidak mau jauh-jauh, coba kalau dia ke kantor pos naik bentor habis lagi biaya, kalau disini dia jalan kaki dari lorong ke lorong,” tambah dia.

Tempat representatif seperti kontainer ini, kata dia, akan lebih mudah untuk mengontrol aktivitas masyarakat.

“Di Makassar Recovery ini bisa di tempatnya, disitulah kita bisa mengatur warga, bayangkan kalau saya 600 warga jauh-jauh ke Kantor Pos, membuat lagi kemacetan tetapi mereka lebih suka di tempat,” jelasnya.

Posko LPM hingga TNI-Polri

Kontainer Makassar Recovery juga menjadi posko bagi Lembaga Pemberdayaan Makassar (LPM). Jadi aktivitas dan koordinasi mereka difasilitasi langsung dari tempat yang terpisah dengan Kantor Lurah.

“Kehadiran Makassar recovery ini sangat membantu, sekarang ini kami memberikan kepada LPM untuk melakukan aktivitas supaya hidup disini, tidak seperti yang di bilang orang mati suri,” bebernya.

Bahkan, Ady mengatakan seringkali melakukan rapat bersama TNI-POLRI di kontainer Makassar Recovery. Artinya tempat tersebut selalu terbuka ketika melakukan koordinasi dengan berbagai instansi.

“RT RW itu melakukan posko Bencana siaga bencana disitu, apalagi kami ini sering bekerja dengan TNI Polri, jadi kalau kami rapat dengan Polsek kami disini, tempat kami berkumpul,” tandasnya.

“Posko kobra setiap malam ada disini dari kodim, Danramil itu ada disini lagi jadi kami betul-betul harus bekerja sama untuk keamanan kita semua. Kita membahas kondisi wilayah kita, kita juga setiap enam bulan sekali mendapat pencerahan tentang keamanan ketertiban kami mengundang Kapolsek,” sambung dia.

Akses WiFi

Lurah Banta-bantaeng juga mengatakan bahwa kontainer Makassar Recovery juga menjadi ikut membantu anak-anak mengakses internet secara gratis.

“Ada WiFi juga jadi anak-anak ini belajar disitu menggunakan akses WiFi jadi ada fasilitas negara diberikan. Jadi anak-anak yang tidak punya kuota silahkan disitu, kita bebeas disana,” terangnya.

Ia mengatakan bahwa ada siswa yang datang ke kontainer untuk melakukan pendaftaran penerimaan siswa baru, dan tentu itu sangat membantu bagi mereka yang mungkin belum sempat mengisi pulsa.

“Jadi ketika ada penerimaan siswa, pendaftaran online saya bilang silahkan di kontainer, manfaatkan WiFi gratis,” ungkap dia. (fdl)