Disahkan Besok, UMK Makassar Naik Jadi Rp3,5 Juta

INIKATA.co.id – Kenaikan upah minimum kota (UMK) Makassar untuk tahun 2023 sebesar 6,93% atau bertambah Rp 228.219 menjadi Rp 3.529.181, sisa menunggu penetapan resmi untuk disahkan pada Rabu, 7 Desember besok.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto pun mengaku telah menyetujui kenaikan UMK Makassar untuk tahun 2023 sebesar 6,93% menjadi Rp3,5 juta, seperti yang diusulkan Dewan Pengupahan.

Baca juga:

Harga BBM Turun Per 1 Desember, Pertalite jadi Rp10 Ribu

“Iya (sudah disetujui),” kata Danny, Selasa (6/12/2022).

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar, Nielma Palamba pun membenarkan jika usulan Dewan Pengupahan sudah ditandatangani wali kota. Selanjutnya, kata dia, usulan itu akan disampaikan ke Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (ASS)

“Hasil rapat berupa berita acara dewan pengupahan sudah dilaporkan ke Pak Wali Kota, dan kemarin rekomendasi sudah dikirim ke gubernur,” kata Nielma.

Baca juga:

Inovasi dan Terobosan Satpol PP Makassar Untuk Tingkatkan Kinerja

Nielma memastikan, begitu penetapan dari Gubernur Sulsel sudah diterima, Pemkot Makassar akan secara resmi mengumumkan pengesahan kenaikan UMK Makassar untuk tahun 2023 tersebut.

“Pak Wali mengusulkan berupa rekomendasi. Nanti Gubernur yang SK-kan dengan beberapa daerah lain yang mempunyai dewan pengupahan yakni Pangkep dan Luwu Timur. Insya Allah besok ditetapkan berupa Surat Keputusan Gubernur,” ujarnya.

Sekadar diketahui, usulan kenaikan UMK Kota Makassar untuk tahun 2023 sebesar 6,93% itu merupakan hasil keputusan rapat Dewan Pengupahan yang digelar di Kantor Disnaker Kota Makassar, Jumat (2/12/2022) lalu. (*)