Sambut HUT Armada RI, Lantamal VI Makassar Gelar Program Laut Bersih

INIKATA.co.id – Dalam rangka menyambut HUT Armada RI Tahun 2022, TNI AL melalui Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VI (Lantamal VI) Makassar melaksanakan Program Laut Bersih dengan tema “Laut Menjadi Jalan Utama Indonesia Menuju Kemajuan Ekonomi Baru Berkelanjutan” di Pelabuhan Rakyat Paotere dan Pantai Jalaria Lantamal VI, Jum’at (02/12).

Program Prolasih ini merupakan penerapan dari Perintah Harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono yaitu Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kinerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.

Baca juga:

Ajukan Eksepsi Terdakwa Korupsi Bulog Pinrang Sebut Ada Kekeliruan Perhitungan Kerugian Negara

Dalam pelaksaaan prolasih ini selain menerjunkan para personel Lantamal VI, juga melibatkan unsur Maritim, TNI/POLRI, Pemkot, para pelajar SMA Hang Tuah Makassar, PIP Makassar dan masyarakat sekitar serta perlengkapan berupa Perahu Karet 3 unit, Mobil Sampah, Perahu Sampah ikut serta dalam pembersihan pantai dan laut di wilayah Pelabuhan Paotere dan sekitarnya.

Menurut Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Makassar Brigjen TNI (Mar) Amir Kasman, menyampaikan program laut bersih ini selain dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT Armada RI Tahun 2022 mendatang.

“Kehadiran kita pagi ini menunjukkan adanya kepedulian dan partisipasi kita semua dalam menjaga lingkungan pesisir dan muara pantai. Sehingga kegiatan bersih pantai ini akan menumbuhkan kembali visi cinta akan keindahan laut. Visi ini sangat kita butuhkan dalam menentukan masa depan pembangunan bangsa secara menyeluruh termasuk di dalamnya memasyarakatkan pola hidup sehat bagi masyarakat sekitar pantai dengan tidak membuang sampah di sepanjang pantai,” Katanya.

Baca juga:

Pemkot Makassar Minta Lantamal VI Penjagaan Perairan Makassar Diperkuat

Ia juga menyampaikan agar masyarakat tidak menjadikan laut sebagai tempat pembuangan sampah

“Oleh karena itu saya mengajak bapak-bapak, ibu-ibu dan saudara-saudara sekalian, jagalah kebersihan laut dan jangan dijadikan laut sebagai tempat pembuangan sampah,” tuturnya. (Tita)