Kroasia Singkirkan Belgia Dari Piala Dunia 2022

INIKATA.co.id – Kroasia menyingkirkan Belgia dari Piala Dunia 2022 setelah kedua tim bermain imbang tanpa gol dalam laga terakhir mereka di Grup F yang berlangsung Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan pada Kamis malam WIB.

Kedua tim bermain cukup imbang di sepanjang laga, dengan Belgia bisa mencatatkan 16 tendangan dengan hanya tiga mengarah ke gawang. Sementara itu Kroasia melepaskan 11 percobaan, tetapi hanya empat yang mengarah ke gawang.

Baca juga:

Penampakan Bola Final Piala Dunia Qatar 2022

Hasil itu membuat Kroasia finis posisi kedua dan lolos ke babak 16 besar bersama Maroko yang menang 2-1 atas Kanada di pertandingan Grup F lainnya.

Sementara itu, Belgia harus angkat koper dari Qatar setelah finis tempat ketiga dengan raihan empat poin. Kanada juga harus menyusul Belgia setelah menyelesaikan fase grup tanpa meraih satu kemenangan.

Kroasia langsung menyerang sejak pertandingan dimulai. Mereka bahkan sudah mendapatkan peluang saat laga baru berjalan 20 detik lewat tembakan Ivan Perisic, tetapi arah bola masih menyamping tipis dari gawang kawalan Thibaut Courtois.

Baca juga:

Kroasia vs Belgia: Saling Sikut demi Tiket 16 Besar

Carrasco mengancam gawang Kroasia. Dirinya menusuk kotak penalti dari sisi kiri, tetapi tembakannya masih diblok barisan belakang Kroasia. Semenit kemudian Carrasco punya peluang lagi. Setelah menerima umpan Martens, sepakannya kembali diblok oleh Juranovic.

Kali ini giliran Martens memberikan ancaman. Tembakannya setelah menerima umpan terobosan De Bruyne di depan kotak penalti masih melambung tinggi.

Pada menit ke-14, Yannick Carrasco melakukan pelanggaran yang nyaris saja membuat Kroasia mendapat tendangan penalti. Namun, VAR menggagalkannya usai pemain Kroasia dinyatakan offside sebelumnya.

Gagalnya penalti itu membuat Kroasia bermain agresif, sementara itu Belgia tidak bisa membangun serangan. Meski menekan, Kroasia terlihat kesulitan untuk menembus pertahanan rapat Belgia.

Tidak ada peluang berarti yang tercipta di sisa waktu babak pertama. Skor imbang tanpa gol bertahan sampai masuk ruang ganti. Selepas jeda istirahat, Belgia memasukkan Romelu Lukaku dan menarik keluar Dries Mertens demi menambah daya gedor mereka.

Pergantian itu langsung memberikan dampak di lini serang Belgia. Lukaku langsung bikin peluang pada menit ke-49 lewat sundulannya, tetapi kiper Livakovic mampu mengamankannya.

Kroasia membalas lewat tendangan terukur Kovacic setelah menerima bola di dalam kotak penalti, tetapi Courtois masih bisa mengamankan gawangnya lewat aksi penyelamatan akrobat.(ik)

Sumber: Jawapos

Writer: Jawapos/Antara