Jokowi Ingatkan Jangan Ada Adu Domba di Pemilu 2024

INIKATA.co.id – Semua pihak diimbau agar mengutamakan politik adu gagasan pada Pemilu 2024 mendatang. Imbauan tersebut disampaikan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada kegiatan Konsolidasi Nasional dalam Rangka Kesiapan Pemilu Tahun 2024 di Jakarta, Jumat (2/12/2022).

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga kembali mewanti-wanti agar tak ada pihak mana pun yang memainkan politik adu domba. Ia ingin Pemilu 2024 menjadi ajang pemilihan yang berkualitas.

Baca juga:

Soal Bocoran Sistem Pemilu, Anies Baswedan Bilang Begini

“Kita harus mendorong kampanye berkualitas yang menyehatkan demokrasi kita, optimalkan teknologi informasi, mengedepankan politik adu ide, adu gagasan, dan bukan politik adu domba,” kata Jokowi.

Jokowi meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mewujudkan hal itu.

Menurut Jokowi, KPU perlu melakukan pendidikan politik sedini mungkin kepada pemilih dan peserta pemilu.

Baca juga:

Kirim Anggrek untuk Megawati, Jokowi: Selamat Ulang Tahun Ibu

Ia meyakini, KPU bisa melakukan hal itu. Pasalnya, KPU punya pengalaman menyelenggarakan pemilu serentak sebelumnya.

“Sejak awal mengajak peserta pemilu yang damai, berintegritas, dan menolak tindakan tak terpuji yang mencederai demokrasi, menyebar fitnah, ujaran kebencian, politik uang, dan lain-lain,” ujarnya.

Untuk informasi, sebelumnya saat berada di Pontianak pada 29 November lalu, Jokowi juga menyampaikan hal yang sama. Ia mengingatkan agar tidak ada yang mengadu domba di Pemilu 2024.

“Jangan sampai ada yang gesekan. Hindari! Jangan sampai ada yang benturan. Hindari! Jangan sampai ada yang, apalagi mengadu domba. Hati-hati sekali lagi,” ucap Jokowi.

Sekadar diketahui, hari pemungutan suara Pemilu Serentak 2024 akan digelar 14 Februari 2024. Meski begitu,tahapan persiapan pemilu telah dimulai.

Saat ini, penyelenggara pemilu sedang melakukan verifikasi faktual terhadap partai politik calon peserta pemilu. KPU akan menetapkan peserta Pemilu Serentak 2024 pada 14 Desember 2022 mendatang.