Milad ke-12, IPPS Gelar Seminar Nasional

INIKATA.co.id – Ikatan Penggiat Peradilan Semu (IPPS) Fakultas Syariah dan Hukum menggelar Seminar Nasional bersama Mahkamah Agung RI dengan Tema “Peran Mahkamah Agung RI Dalam Penegakan Fair Trial di Indonesia” di Auditorium kampus II UIN Alauddin Makassar, Kamis (1/12).

Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Milad I.P.P.S ke 12. Seminar Nasional ini merupakan pembukaan milad yang dimana milad kali ini dirangkaikan dengan 12 rangkaian acara yang berlangsung mulai 1 – 24 Desember 2022.

Baca juga:

Wakili Pangdam, Aster Kasdam XIV Hasanuddin Jadi Pembicara di OSMB UT Makassar

Pada kegiatan ini menghadirkan Narasumber yang hebat dan berkompeten di bidangnya yakni YM H Yasaraddin, Hakim Agung Kamar Agama Mahkamah Agung RI dan Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) Periode 2022-2025.

Menurut M. Ikbal selaku ketua panitia mengatakan tujuan seminar ini dilaksanakan untuk mengetahui apa peran Mahkamah Agung dalam penegakan fair trial di Indonesia.

“Jadi tujuan seminar ini diselenggarakan untuk mengetahui apa peran Mahkamah Agung dalam penegakan fair trial di Indonesia mengingat prasangka manusia terhadap penegak hukum telah kurang atau negatif dengan munculnya stigma-stigma yang mengatakan hukum itu bisa dibeli atau hukum itu hanya berpihak pada yang beruang,” uarnya.

Baca juga:

Bertajuk Indonesia Emas 2045, Celebes Plano Fest Vol VI Teknik PWK Gelar Seminar

Muammar Muhammad Bakry, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum menuturkan harapanya dimana referensi yang akan di sampaikan oleh Mahkamah Agung dapat memberikan wawasan yang dimana keadilan adalah suatu hak asasi manusia, karena keadilan itu adalah sikap seseorang yang sangat dibutuhkan.

“Saya berharap semua yang dijelaskan Mahkamah Agung bisa menambah wawasan kita tentang keadilan, yang dimana keadilan adalah suatu hak asasi manusia, karena keadilan itu adalah sikap seseorang yang sangat dibutuhkan,” Muammar Muhammad Bakry.(Miftahul Jannah Afnar)