Bawaslu RI Segera Interview Calon Pengganti Satu Anggota Bawaslu Makassar

INIKATA.co.id – Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Makassar, Zulfikarnain bebrapa waktu lalu mengundurkan diri sebagai anggota Bawaslu Makassar.

Dikabarkan, Zulfikarnain mengundurkan diri karena lulus menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal tersebut membuat Bawaslu Makassar kekurangan satu anggota atau komisioer.

Baca juga:

Parpol Diharap Segera Lengkapi Berkas Administrasi Bacalegnya

Hal tersebut diungkapkan Anggota Bawaslu Sulsel, Saiful jihad. “Hingga saat ini, komisioner Bawaslu Makassar tinggal 4 orang,” kata Saiful.

Lanjut Saiful menanaskan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan peraturan untuk membahas pengisian untuk menggantikan Zulfikarnain .

“Bahwa untuk mengisi kekosongan (PAW), diambil dari 10 besar pada saat seleksi yang lalu. Namun, setelah Bawaslu RI menghubungi mereka yang masuk 10 besar (urut 6-10), 2 orang sudah masuk dan 3 orang sudah tidak bersedia,” ujarnya.

Baca juga:

9 Anggota Bawaslu Dilantik PAW, Berikut Nama-namanya

Untuk mengisi kekosongan ini, Bawaslu terlebih dahulu merevisi Perbawaslu lama dengan menghadirkan Perbawaslu No. 4/2022 yang memungkinkan untuk melakukan interview lebih lanjut pendaftar Bawaslu Makassar tahun 2018 lalu yang masuk 20 besar.

“Berdasarkan Perbawaslu ini, Bawaslu RI mencoba menghubungi mereka yang masuk 20 besar untuk meminta kesediaan diinterview lebih lanjut untuk selanjutnya hasil interview tersebut menjadi dasar penetapan anggota Bawaslu mengisi kekosongan yang ada,” tuturnya

Bahkan pihaknya telah menghubungi para pendaftar ada yang sudah menyatakan bersedia hadir di interview, ada juga yang belum memberi respon.

“Insya Allah dalam waktu dekat, mereka yang menyatakan bersedia akan diundang untuk dilakukan di interview,” jelasnya.(**)