Tak Biasa, Pemain Iran Pilih Diam saat Lagu Kebangsaan Berkumandang

INIKATA.co.id – Pemandangan tak biasa tersaji saat duel Inggris vs Iran pada laga pembuka Grup B Piala Dunia 2022.

Duel Inggris vs Iran berlangsung di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Senin (22/11) malam WIB.

Baca juga:

Lionel Messi Torehkan 4 Rekor Usai Bawa Argentina Juara Piala Dunia 2022 

Pada laga tersebut, pemain Iran tampak bungkam alias memilih diam saat lagu kebangsaan mereka berkumandang.

Melansir The Guardian, aksi itu merupakan bentuk protes terhadap kematian seorang wanita bernama Mahsa Amini setelah ditahan pihak polisi karena menolak patuh dengan aturan berpakaian di Iran yang menganut hukum islam.

Tak ayal suasana hening terjadi ketika lagu kebangsaan Iran berkumandang. Di sisi lain, suara gemuruh terdengar dari para suporter seolah menyindir lagu tersebut.

Aksi protes ini sudah terjadi sejak September lalu. Kapten Timnas Iran Ehsan Hajsafi menegaskan timnya ingin menyuarakan perubahan di dalam negeri.

“Kami harus mengakui bahwa kondisi di dalam negeri (Iran, red) sedang tidak baik-baik saja dan rakyat tidak bahagia. Kami di sini (Piala Dunia 2022) bukan berarti kami tidak bisa menyuarakan atau menghormati mereka (rakyat).

“Kami harus berjuang dan mencetak gol untuk mewakili rakyat Iran. Saya harap kondisi di dalam negeri segera berubah atas kemauan rakyat,” ucap Hajsafi dilansir The Sun 

Iran sendiri di laga ini harus mengakui keunggulan Inggris dengan skor cukup telak 2-6.

Gol-gol kemenangan Inggris dibukukan oleh Jude Bellingham (35′), Bukayo Saka (43′, 62′), Raheem Sterling (45+1′), Marcus Rashford (71′), dan Jack Grealish (90′).

Adapun dua gol balasan Iran diborong Mehdi Taremi (65′ dan p.90+13′)

Tiga poin membuat Inggris untuk sementara memuncaki Grup B Piala Dunia Qatar 2022, sedangkan Iran berada di dasar klasemen dengan nol poin.(ik)

Sumber: Jpnn

Writer: mcr15/jpnn