Kasus Gangguan Ginjal Akut Anak, Polri Sudah Tetapkan Tersangka

INIKATA.co.id – Penyidik Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipidter) Bareskrim Polri telah menyelesaikan gelar perkara kasus gagal ginjal akut pada anak. Nama tersangka pun telah ditetapkan.

“Ya sudah selesai gelar perkara hari ini dan segera diumumkan, tapi belum hari ini ya,” kata Dirtipidter Bareskrim Polri Brigjen Pol Pipit Rismanto kepada wartawan, Kamis (17/11).

Baca juga:

Gantikan Taqwa Muller, Marthen Rantetondok Resmi Dilantik

Kendati demikian, Pipit belum mengungkap identitas pihak yang ditetapkan sebagai tersangka. Dia mengaku masih berkoordinasi dengan para pimpinan untuk ekspos ke publik.

“Ini kan hanya kepastian mengumumkan saja kalau proses tetap berjalan,” jelas Pipit.

“Hasilnya kan tahap pertahap ada hasilnya, mulai dari ini dulu, nanti ke belakang harus mendalami ini lagi muncul lagi, ini lagi. Ini kan masalah semua harus dimintai pertanggungjawaban ke publik,” pungkasnya.

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akhirnya mengumumkan daftar obat-obatan yang dikaitkan dengan gangguan ginjal akut pada anak-anak. Penelitian BPOM terhadap obat sirop yang diduga mengandung cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG), menyebutkan 5 brand atau merek obat tersebut. Akan tetapi, sebelumnya Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono menyebutkan ada 15 dari 18 obat yang diteliti dikaitkan dengan ginjal akut.

Sedikitnya ada 5 merek obat sirop yang diumumkan BPOM dan sedang diteliti karena mengandung cemaran EG dan DEG di atas ambang batas. BPOM telah melakukan sampling terhadap 39 bets dari 26 obat sirop yang diduga mengandung cemaran EG dan DEG berdasarkan kriteria sampling dan pengujian antara lain Termorex Sirup (obat demam), produksi PT Konimex dengan nomor izin edar DBL7813003537A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml. Flurin DMP Sirup (obat batuk dan flu), produksi PT Yarindo Farmatama dengan nomor izin edar DTL0332708637A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.

Unibebi Cough Sirup (obat batuk dan flu), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DTL7226303037A1, kemasan Dus, Botol Plastik @ 60 ml. Unibebi Demam Sirup (obat demam), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL8726301237A1, kemasan Dus, Botol @ 60 ml. Unibebi Demam Drops (obat demam), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL1926303336A1, kemasan Dus, Botol @ 15 ml.(ik)

Sumbar: Jawapos

Writer: Jawapo/Sabik Aji Taufan