Jejak Abang Fauzi, ‘Bersemayam Dihati Masyarakat’

INIKATA.co.id – Jejak Abang Fauzu, ‘Bersemayam Dihati Masyarakat’.

Mengenal Lebih Dekat Muhammad Fauzi

Baca juga:

Sekprov Sulsel Abdul Hayat Diberhentikan, Andi Aslam Jabat Plh

MUHAMMAD Fauzi, dia merupakan anggota DPR RI Daerah pemilihan (dapil) Sulsel III meliputi Kabupaten Enrekang, Luwu, Kab. Luwu Timur, Luwu Utara, Pinrang, Sidenreng Rappang, Tana Toraja, Toraja Utara, dan Kota Palopo dengan perolehan 63.076 suara.

Selain merupakan anggota DPR RI, Muhammad Fauzu yang kerap disapa Abang ini juga merupakan suami dari Bupati Kabupaten Luwu Utara, Indah Putri Indriani memiliki dua orang putri.

Soal organisasi, Muhammad Fauzi banyak menduduku jabatan penting di berbagai organisasi. Selain pengurus DPP Partai Golkar, Muhammad Fauzu juga menduduki jabatan Presidium Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Sulsel Priode 2022/2027, Wakil Ketua Nahdatul Ulama (NU) Luwu Utara dan Ketua Pengcab Perbakin Luwu Utara.

Baca juga:

Hadirkan 92 Lampu Jalan, Tomakaka Masamba Sampaikan Terima Kasih ke Abang Fauzi

Dilansir dari muhammadfauzi.id, ia lahir di kampung padat penduduk. Tepatnya di Kelurahan Kwitang, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. Bertepatan Senin 6 September 1968. Ia tumbuh di lingkungan yang penuh kompleksitas. Tempat segala ragam masyarakat berinteraksi. Dari urusan sajadah hingga haram jaddah.

Pada laman tersebut ia bercerita dirinya hidup di tengah lingkungan masyarakat Betawi. Orang-orang yang akhirnya harus takluk pada kehendak zaman. Tersisih dari moderenisasi dan tergusur urbanisasi.

Ia mengatakan, Almarhum ayahnya berprofesi Polisi. Pangkat Ayahnya memang tidak hebat, tapi Bintang Jasanya cukup banyak. Sebab Ayahnya jadi Polisi dari zaman muda di saat kemerdekaan dulu.

Soal ibu, ia bersaudara dibesarkan dari sentuhan kasih yang tidak terbatas seorang Ibu. Ibu membesarkan kami bermodal peninggalan ayah. Sebab Ibu hanya seorang Ibu rumah tangga yang paripurna. Tapi itu sudah lebih dari cukup buat kami bersaudara.

Kedekatan itu membuat Ibu tetap bersama saya bahkan setelah saya menikah. Ibu memang senang tinggal bersama saya. Sebelum dia meninggal pun dia meminta agar dikubur dekat dengan rumah tempat tinggal saya.

Sisi Humanis dan Kepekaan Sosial Muhammad Fauzi

Terkait kepekaan sosial dan sisi humanis Muhammad Fauzi, untuk urusan itu ia selalu mengiyat pesan ibunya. Kata dia, berusaha setiap hari, sesuai kemampuan kita untuk bersedekah, terutama untuk rumah Ibadah, masjid dan musalah.

Sejak saat itulah, dengan sekuat tenaga saya coba terapkan petuah itu dalam kehidupan sehari-hari saya. Awalnya memang berat. Apalagi terkadang manusia ingin sesuatu instan. Jika tidak sabar, akan sulit kita amalkan.

Begitu juga saya yang sangat manusiawi mengalami. Menuntut segala pengorbanan dengan kemudahan dalam hidup. Walaupun sebenarnya pengorbanan itu adalah bagian dari mata rantai kewajiban.

Kalau lah ada dampaknya dari pengorbanan kita itu, tidak lebih karna Allah Mahatahu. Karena itu, pengorbanan ada dampaknya atau tidak, kita serahkan saja kepada-Nya. Semakin kita tidak menuntut, justru semakin cepat datangnya. Dengan bingkai ikhlas dan usaha yang tekun tentunya.

“Dalam hal bersedekah ini saya disiplin jalankan. Setiap masuk masjid atau musalah, saya sisipkan uang sesuai kemampua. Kadang hanya Rp 100 atau Rp 50. Begitulah kemampuan saya saat itu. Bahkan kadang tidak ada sama sekali saat memang tak mampu,” katanya dikutip dalam laman tersebut.

Hal itu semua lah yang membuat nama Abang Fauzi ‘bersemayam di hati rakyat’.

Abang Fauzi dan Kiprahnya di Golkar

Kehadiran Muhammad Fauzi sebagai anggota DPR RI sangat mengangkat popularitas dan citra partai Golkar.

Bagaimana tidak, sejak mengambil peran di Fraksi Partai Golkar, ia cukup banyak membuat kegiatan yang mengangkat nama baik Golkar, seperti aktif dalam penyerapan aspirasi, kegiatan sosial hingga aktif dalam kegiatan partai. Salahsatuya mengambil peran dalam jalan sehat partai Golkar Luwu Utara uang dihadiri puluhan ribu peserta.

Kinerja Abang Fauzi di Senayan

Bicara soal kinerja, Suami Bupati Luwu Utara ini sangat memberi sumbangsi sebagai Anggota DPR RI dapil Sulsel III, tidak sedikit dari program hingga aspirasinya yang ia bawa untuk Sulsel utamanya untuk Luwu Utara. Tak hanya itu, namun Fauzi juga kerap memberi sorotan terkai permasalahan yang ada di dapilnya, seperti:

Merealisasikan berbagai jenis program sepanjang tahun 2021 di Dapil Sulsel III. Program yang direalisasikan Muhammad Fauzi mulai dari perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan, bedah rumah hingga program bantuan modal usaha, operasional pesantren, desa wisata dan bantuan sembako untuk masyarakat dengan total nilai kurang lebih Rp 100 Miliar lebih.

Lokasi realisasi program yang dibawa oleh Muhammad Fauzi di Dapil Sulsel III meliputi Luwu Timur, Luwu Utara, Luwu, Tana Toraja, Toraja Utara, Enrekang, Pinrang dan Kabupaten Sidrap. Selain perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan, Muhammad Fauzi juga merealisasikan program padat karya revitalisadi drainase, pengembangan desa wisata hingga bantuan untuk BUMdes sampai pembagian sembako untuk masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

Seperti diberitakan beberapa waktu lalu, menyampaikan sejumlah aspirasi dari Sulawesi Selatan saat rapat kerja bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Senayan. “Di Luwu Utara Pak Menteri, jalanan sudah diperbaiki, tapi drainasenya belum. Bahkan ini di kotanya. Saya minta ini jadi perhatian ke depan,” kata Fauzi.

Selain di Dapil Sulsel III, Presidium Kahmi Sulsel ini juga menyampaikan keluhan dari warga Pangkep. Selain menyampaikan sejumlah aspirasi, Anggota Fraksi Partai Golkar ini juga menyampaikan sejumlah masukan kepada PUPR, Salah satunya terkait kedisiplinan dalam administrasi. Beliau juga elakukan kunjungan spesifik ke lokasi pembangunan rel ganda dan stasiun Rancaekek, Bandung Barat, Kamis (10/2/2022). Di kesempatan ini, Anggota DPR RI asal Dapil Sulsel III Muhammad Fauzi kembali menagih Dirjen Perkeretaapian Kemenhub soal komitmen penyelesaian kereta api di Sulsel.

Muhammad Fauzi berharap janji untuk operasional kereta api di Sulsel tahun ini tidak lagi mulur. Hadirnya kereta api dinilai akan memberikan dampak ekonomi yang besar bagi masyarakat. Suami Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani ini mengatakan, prospek perkeretaapian di Indonesia sangat potensial. Sektor ini juga mampu menambah pendapatan negara di bidang transportasi, Khusus di Stasiun Rancaekek, Kabupaten Bandung Barat, Fauzi mengingatkan soal jalan dan fasilitas publik di sekitar stasiun juga harus dibenahi dan dilengkapi.

Selain itu, pelibatan tenaga kerja lokal di sekitar stasiun akan membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi masyarakat. Meninjau pengerjaan pembersihan drainase di Kecamatan Angkona, Luwu Timur. Usai meninjau drainase, anggota Fraksi Partai Golkar ini berdialog dengan para pekerja di sekitar lokasi. Pembersihan drainase merupakan program dari Kementerian PUPR di Luwu Timur.

Anggota DPR Dapil Sulsel III ini berharap, program padat karya dari Kementerian PUPR tersebut dapat membantu masyarakat sekitar meningkatkan taraf ekonomi. Abang Fauzi, sapaan akrabnya, menjelaskan, saat ini pemerintah mendorong proyek pembangunan di daerah bisa dikelola swadaya atau padat karya.

Kebijakan itu dimaksudkan untuk memperluas peran masyarakat dan juga bernilai ekonomi langsung. baru-baru ini Muhammad Fauzi memberikan apresiasi atas respon Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Sulawesi Selatan atas kerja cepat menangani jembatan Sungai Pareman Cilellang yang ambles.

Fauzi yang terus memantau perkembangan mengatakan, pihak balai sudah melakukan perbaikan sejak adanya laporan masuk. Laporan yang ia terima dari pihak balai menyebut jika jembatan telah ditimbun dan segera dilakukan pengecoran dan masih banyak lagi yang penilis tidak sempat publis.

Aktifitas Sosial Muhammad Fauzi

Selain menyerap aspirasi masyarakat sebagai anggota DPR RI, beberapa bulan lalu, Fauzi menyerahkan bantuan ekskavator ke dapilnya. Diberitakan sebelumnya, untuk Kabupaten Luwu Utara Muhammad Fauzi menyerahkan satu uni eskavator dan dua unit bus sekolah diterima Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur, Jumat 25/2-2022. Muhammad Fauzi menyerahkan bantuan itu saat melakukan kunjungan reses di Kabupaten Luwu Utara.

Fauzi juga baru-baru ini menyerahkan bantuan untuk Badan usaha milik desa (BUMDES). Kali ini yang menerima program itu adalah BUMDES Desa Dandan. Desa Dandang, Kecamatan Sabbang Selatan Luwu Utara mendapat bantuan program BUMDES dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi senilai Rp 50 juta rupiah. Bantuan itu diserahkan langsung oleh Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Fauzi.

Ia juga pebuli atas Pendidikan. Baru-baru ini Muhammad Fauzi memberikan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) untuk 200 pelajar di Luwu Utara. Bantuan in dinilai sangat bermanfaat. Selain itu, ia juga peduli dengan pondok pesantren, ia juga pernah memberikan bantuan untuk 20 pesantren yang ada di luwu raya, dan masih banyak lagi kegiatan sosialnya yang tidak terpublis.(**)

Karya Tulis Jurnalistik

Nurhan Henriawan

Writer: Nurhan Henriawan